Rabu, 21 Februari 2018 |
News Room

Beredar Spanduk Penolakan Proyek Panas Bumi di Kabupaten Serang

Senin, 04 Des 2017 | 11:27 WIB Dibaca: 385 Pengunjung

Spanduk penolakan proyek geothermal di sepanjang jalan Padarincang, Senin (4/12/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] – Masyarakat Kampung Wangun, Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang menolak eksplorasi dan eksploitasi alam di wilayah tersebut untuk megaproyek gas bumi (geothermal) yang direncanakan oleh pemerintah pusat.

Pantauan NEWSmedia, sejumlah masyarakat yang tidak setuju dengan proyek itu memasang spanduk di sepanjang jalan raya Padarincang dengan tulisan ‘Mari Bersatu untuk Menolak Pembangunan Gas Bumi di Desa Batukuwung Demi Kelestarian Alam’.

Warga Padarincang menolak proyek geothermal tersebut bukan hanya takut merusak alam, namun, mereka juga khawatir jika proyek panas bumi itu terealisasi, maka sumber air di wilayah tersebut bisa terancam.

"Lokasi itu selama ini menjadi sumber air bagi warga untuk aktivitas sehari-hari," kata Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Padarincang (Himapar), Abdurrahman, Senin (4/12/2017).

Ia meyakini, saat pengeboran pengembangan proyek sedalam 1,5 kilometer tersebut, akan menimbulkan kerusakan alam, bahkan menurutnya, akibat dari pengeboran itu, bisa membuat sumber air kering.

“Pesan leluhur, Kampung Wangun mah jangan dibangun apa-apa, buat wisata aja sudah. Kalau nanti ada pembangunan ya akan kekeringan dan uang seberapapun besarnya tidak akan bisa gantikan kerusakan itu,"

Meski demikian, pihaknya menginginkan, pemerintah bisa mempertimbangkan kembali rencana proyek panas bumi yang akan dikelola oleh PT. Sintesa Energy di Kampung tersebut. Sebab menurutnya, izin yang dikeluarkan melalui surat Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor : 26/30/MEM/2010 merupakan bukan izin proyek pertambangan.

“Disana banyak lahan warga yang ditanami pohon durian dan rempah-rempah serta kearifan lokal yang masih terjaga sampai saat ini. Pemerintah harus mempertimbangkan kembali," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Kapal Sepanjang 66 Meter Akan Dimiliki Basarnas
Selasa, 20 Feb 2018 | 18:25 WIB
Kapal Sepanjang 66 Meter Akan Dimiliki Basarnas
Lima Orang Gila di Kota Serang Diamankan
Selasa, 20 Feb 2018 | 15:21 WIB
Lima Orang Gila di Kota Serang Diamankan

KOMENTAR

Beredar Spanduk Penolakan Proyek Panas Bumi di Kabupaten Serang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top