Selasa, 15 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Benarkah Urine Sapi Bermanfaat untuk Kesehatan?

Jumat, 17 Feb 2017 | 00:07 WIB Dibaca: 1087 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Masyarakat India dengan mayoritas beragama Hindu, percaya bahwa sapi adalah binatang yang suci. Binatang ini bahkan kerap kali disebut sebagai ibu sapi.

Dalam berbagai upacara keagamaan Hindu, bukan hanya sapi yang dihormati. Namun susu sapi banyak digunakan dalam upacara keagamaan Hindu.

Tidak hanya susu, urine sapi itu juga digunakan masyarakat India. Mereka percaya air seni sapi dapat bermanfaat bagi kesehatan dan bahkan menyembuhkan penyakit. Air seni sapi pun jadi bisnis yang ramai saat ini.

Penggunaan urine sapi itu membuat pemerintah India membentuk tim penguji untuk meneliti air sisa pencernaan tersebut. Penelitian itu bertujuan untuk menemukan jawaban apakah air seni binatang yang suci di India itu benar-benar bisa menyembuhkan kanker hingga demam berdarah dengue.

"Ini adalah bagian dari budaya kami, [tapi] hanya karena itu adalah bagian dari budaya kami, tidak berarti kami dapat mengonsumsinya secara membabi buta," kata koordinator tim penguji Dr Kavya Dashora, dikutip dari CNN.

"Seluruh dunia mengetahui bahwa urine sapi memiliki sifat anti-virus. Kami hanya perlu membuktikannya secara ilmiah," ujar Dashora yang juga seorang profesor di Indian Institute of Technologi, New Delhi India.

Dashora mengatakan proyek penelitian ini akan menciptakan sebuah chip yang dapat mengidentifikasi jenis susu dan urine yang sehat untuk dikonsumsi. Tim ini juga akan mengembangkan standar nasional untuk industri sapi.

Sementara itu, pemiliki klinik terapi urine sapi, Virendra Kumar Jain mengatakan bisnis air seni sapi itu berkembang pesat beberapa tahun terakhir.

Di klinik miliknya, Jain menawarkan terapi urine sapi untuk beragam penyakit. Klinik kesehatan ini telah memiliki 19 orang dokter.

"Ia bekerja sangat efektif untuk semua penyakit," kata Jain.

Kemih sapi juga telah merambah produk perawatan dan rumah. Salah satu label obat tradisional di India, Patanjali Ayurved, menjual berbagai produk berdasarkan urine sapi mulai dari minuman hingga pembersih lantai. [Cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Benarkah Urine Sapi Bermanfaat untuk Kesehatan?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top