Sabtu, 31 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Benarkah Konsumsi Bawang Putih Bisa Menurunkan Berat Badan?

Rabu, 15 Agt 2018 | 11:01 WIB Dibaca: 1017 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang nampaknya selalu wajib ada di setiap masakan. Bawang putih memiliki aroma yang khas dan cukup menyengat. Meski begitu, aroma ini justru bisa membuat semua masakan terasa makin lezat dan nikmat. 

Mengenai bawang putih, rempah satu ini tak hanya bisa sebagai bumbu masakan. Melansir dari laman boldsky.com, bawang putih adalah bahan makanan yang memiliki segudang manfaat sehat buat kesehatan. Salah satu manfaat sehat dari bawang putih adalah bawang putih bisa mestabilkan tekanan darah dengan baik. Bawang putih juga dipercaya bisa mencegah risiko kanker, jantung maupun penyakit mematikan lainnya. 

Studi terbaru bahkan menemukan bahwa bawang putih bisa bantu seseorang menurunkan berat badan. Benarkah seperti itu? 

Para ahli menyebutkan bahwa bawang putih mengandung segudang nutrisi yang rendah kalori. Di dalam bawang putih terkandung kalium, kalsium, selenium, zat besi, tembaga, fosfor, serat dan vitamin. Kandungan ini sendiri sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi. 

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Nutrition  tahun 2011 menyebutkan bahwa bawang putih bisa membantu mengurangi indeks massa tubuh (IMT). Bawang putih yang dikonsumsi secara teratur dalam porsi yang tepat, ini bisa bantu menurunkan berat badan. Namun, konsumsi bawang putih saja tidak cukup membantu. 

Konsumsi bawang putih hanya berpengaruh kecil terhadap penurunan berat badan. Hanya saja, jika hal ini diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, olahraga rutin, istirahat cukup dan tubuh bergerak aktif, menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat bukan perkara mustahil. Konsumsi bawang sendiri bisa dilakukan secara langsung atau menambahkan bawang di setiap masakan atau sajian sehari-hari kita.  [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Benarkah Konsumsi Bawang Putih Bisa Menurunkan Berat Badan?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top