Sabtu, 24 Oktober 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Benarkah Garam Dapat Tingkatkan Nafsu Makan? Ini Faktanya

Kamis, 20 Apr 2017 | 09:00 WIB Dibaca: 837 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Garam tentu menjadi bumbu penyedap rasa dalam makanan. Namun, mengonsumsi terlalu banyak garam membawa dampak tertentu bagi tubuh, salah satunya meningkatnya bobot tubuh.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan rasa lapar. Sebaliknya, menelan garam dalam jumlah berlebih mengurangi rasa haus.

Riset yang dilakukan sejumlah peneliti dari Delbruck Center for Molecular Medicine di Jerman mengungkapkan, makanan yang terlalu asin meningkatkan lapar lantaran kebutuhan energi yang tinggi. Garam juga membuat air yang dikonsumsi menetap di dalam ginjal dan tubuh, sementara garam itu sendiri terbuang dari badan.

Salah satu peneliti, Friedrich C. Luft mengatakan, mengonsumsi garam bukan berarti percuma. Sebaliknya, garam membantu proses osmolyte, sebuah senyawa yang membantu sel untuk beradaptasi dengan dehidrasi atau kelebihan air.

Osmolyte mengikat air dan membantu mengangkutnya. Fungsinya untuk menyimpan air di dalam ketika tubuh sambil menyingkirkan garam dari dalam tubuh.

"Alam tampaknya telah menemukan cara untuk menghemat air yang lain akan terbawa ke dalam urin melalui garam," kata Friedrich C. Luft seperti dikutip Indian Express, Rabu (19/4).

Sebelumnya, penelitian dilakukan terhadap dua kelompok yang beranggotakan 10 orang. Mereka diberikan asupan makanan dengan kandungan garam yang berbeda selama lebih dari seratus hari.

Hasilnya, mengonsumsi banyak garam tidak meningkatkan frekuesi minum. Sebaliknya, diet garam menyebabkan partisipan minum lebih sedikit. "Garam memicu mekanisme untuk tetap menyimpan air dalam ginjal," katanya. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Benarkah Garam Dapat Tingkatkan Nafsu Makan? Ini Faktanya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top