Jumat, 04 Desember 2020 |
News Room - Pemerintahan

Begini Pesan Wakil Ketua DPR RI Saat Bertemu dengan Gubernur dan Wagub Banten

Kamis, 29 Mar 2018 | 20:02 WIB Dibaca: 626 Pengunjung

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah saat berkunjung ke Pemprov Banten, Kamis (29/3/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah melakukan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Kamis (29/3/2018).

Dalam pertemuannya dengan Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, Fahri berpesan agar Pemprov Banten memaksimalkan dana desa dan kekayaan budaya (haritage) untuk menggerakkan perekonomian daerah di Banten.

“Fokus kepada infrastruktur tidak salah, tapi yang dilakukan pusat sekarang jelas-jelas menyulitkan pemda dan masyarakat di daerah,” kata Fahri.

Fahri menjelaskan, dengan memaksimalkan dana desa, bisa menjadi salah satu solusi yang signifikan dalam upaya menggerakkan perekonomian daerah, termasuk di Banten, sebab menurutnya, Banten memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang tertua di Nusantara, yakni Kesultanan Banten.

“Ini juga potensi yang sangat besar jika pemda di Banten bisa menggerakkannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengaku, dirinya memiliki pandangan yang sama dengan Wakil Ketua DPR RI tersebut.

“Terkait dana desa, tentu kami Pemprov sudah dan akan terus melakukan optimalisasi sesuai dengan kewenangan yang ada di kami,” kata Andika.

Andika mengungkapkan, kewenangan Pemprov terkait dana desa yang sudah dan akan terus dilakukan di antaranya melakukan pembinaan terhadap kabupaten/kota dalam rangka penyusunan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang mengatur Desa dan melakukan pembinaan Kabupaten/Kota dalam rangka pemberian alokasi dana Desa.

"Pemprov juga berwenang melakukan pembinaan peningkatan kapasitas Kepala Desa dan perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan lembaga kemasyarakatan, serta  melakukan pembinaan manajemen Pemerintahan Desa," ungkapnya.        

Andika juga menjelaskan, yang paling terpenting dan mendesak dilakukan oleh Pemprov saat ini terkait dana desa adalah membina dan mengawasi penetapan pengaturan BUMDes di setiap kabupaten/kota dan lembaga kerja sama antar desa.

“Sekarang kan di sejumlah daerah sudah banyak yang membuktikan kalau banyak Bumdes yang berhasil mensejahterakan warganya melalui pemanfaatan dana desa. Nah itu akan kita kejar juga,” pungkasnya. [dham]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Pesan Wakil Ketua DPR RI Saat Bertemu dengan Gubernur dan Wagub Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top