Kamis, 15 April 2021 |
Kesehatan

Begini Dampak Jika Bayi Terlalu Lama Tidur di Mobil

Minggu, 09 Okt 2016 | 06:30 WIB Dibaca: 2212 Pengunjung

Bayi tertidur di mobil [Ilustrasi]

[NEWSmedia] - Jangan membiarkan bayi untuk tidur terlalu lama di kursi mobil. Karena, hal tersebut dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan mereka.

Para peneliti di Great Western Hospital NHS Foundation Trust mempelajari 40 bayi secara keseluruhan, 19 bayi sehat dan 21 bayi prematur, dengan usia rata-rata 13 hari dan berat 5,5lb atau sekira 2,2 kg. Mereka menguji fungsi jantung dan paru-paru dari bayi untuk simulasi perjalanan selama 30 menit di kursi mobil pada posisi tegak 40 derajat, ini dirancang untuk bergetar seperti di mobil.

Para peneliti menggunakan simulator di laboratorium untuk meniru efek dari bayi yang tertidur di kursi mobil selama perjalanan dengan 30mph. Para peneliti menjelaskan, percobaan dihentikan jika ada bayi yang berjuang untuk bernapas saat tidur selama lebih dari 15 detik (apnea). Percobaan juga dihentikan jika kadar oksigen darah bayi turun di bawah 85 persen selama 20 detik.

Dari percobaan tersebut, studi ini menemukan, setelah setengah jam di kursi mobil, jumlah oksigen dalam darah bayi berusia kurang dari 2 bulan, ditemukan telah turun drastis. Sementara, detak jantung mereka meningkat.

Masalahnya, bayi yang baru lahir tidak memiliki otot untuk mendukung kepala mereka. Selain itu, tidur di kursi mobil dapat mendorong kepala bayi ke depan dan menghambat jalan napas. Dalam kasus benar-benar langka, kondisi ini bisa mengakibatkan kematian.

Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, menjamin keamanan bayi saat berpergian di mobil, untuk saat ini penulis penelitian ingin menekankan bahwa orangtua harus terus berlatih keselamatan di kursi mobil, dan memastikan bayi aman di kursi selama perjalanan. Para penulis studi menyarankan, orangtua harus selalu duduk di samping bayi untuk memastikan mereka bernapas dengan benar.

"Orangtua tidak harus berhenti menggunakan kursi keselamatan mobil untuk mengangkut bayi mereka. Bayi harus dilindungi saat mobil melaju," ujar konsultan dokter anak di Great Western Hospital NHS Foundation Trust yang memimpin penelitian.

Tapi, mungkin ide yang baik untuk memikirkan kembali meninggalkan bayi di kursi mobil terlalu lama. Mengambil waktu istirahat ketika bepergian jarak jauh juga sebaiknya dilakukan. Selain itu, berikan kesempatan bayi untuk keluar dari kursi di mobil sesekali waktu saat perjalanan jauh. [OKZ/04]

Penulis: Nm
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Dampak Jika Bayi Terlalu Lama Tidur di Mobil
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top