Kamis, 06 Mei 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Begini Caranya Agar Tidur Siang Jadi Berpahala Selama Puasa Ramadan

Rabu, 06 Jun 2018 | 01:10 WIB Dibaca: 620 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Selama puasa Ramadan, kebanyakan orang akan lebih sering mengantuk di siang hari. Alasannya sederhana, karena malam harus bangun untuk sahur sedangkan mulai tidur baru tengah malam. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan waktu tidur sehingga tubuh mudah mengantuk di siang hari.

Untungnya, tidur di siang hari juga bisa dihitung sebagai sebuah ibadah bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Aktivitas mengistirahatkan tubuh dan pikiran ini menjadi ladang pahala jika kita melakukannya sesuai dengan amalan yang terbiasa dilakukan oleh Nabi.

Bagaimana cara menjadikan tidur siang ibadah di bulan Ramadan? berikut yang dicontohkan Nabi sebelum tidur.

1. Berwudhu

Sebelum tidur, sebaiknya menyucikan diri lebih dulu dengan berwudhu. Anjuran ini bukan hanya baik dan berpahala secara agama, namun juga baik secara umum. Kesehatan kulit akan terjaga dengan wudhu, membersihkan kotoran dan makeup di wajah serta kulit tubuh sehingga menghindari timbulnya jerawat.

2. Membersihkan tempat tidur

Cara berpahala lainnya yang bisa dilakukan sebelum tidur siang adalah membersihkan tempat tidur. Nabi menganjurkan umatnya untuk mengibaskan tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring. Anjuran ini dimaksudkan agar tempat tidur yang bersih dari segala macam kotoran dan debu, juga menghindari apabila terdapat binatang yang bisa mengganggu dan melukai.

3. Membaca surat pendek

Ada beberapa surat pendek dan ayat Al Qur'an yang bisa dibaca sebelum tidur. daripada mendengarkan musik, akan lebih baik jika membaca surat-surat pendek sebelum tidur hingga merasa mengantuk dan tertidur. Sebisa mungkin juga membaca ayat Kursi karena bisa menjadi bentuk perlindungan diri dan agar terhindar dari gangguan gaib.

4. Membaca doa

Sebelum tidur, tentu kamu harus membaca doa sebelum tidur. Berdoa merupakan bentuk kepasrahan kepada Allah sehingga bisa menjaga kita selama tidur dan menghidupkan kembali saat bangun nanti.

5. Berbaring menghadap kanan

Ketika tidur, lebih baik berbaring menghadap ke sebelah kanan saat memulai tidur. Karena sisi kanan dianggap menjadi sisi yang baik sehingga bisa mendatangkan keberkahan dan pahala.

Nah, itu dia sekian hal yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan pahala saat tidur siang selama menjalankan puasa Ramadan. Yuk terapkan! [vml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Caranya Agar Tidur Siang Jadi Berpahala Selama Puasa Ramadan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top