Minggu, 25 Agustus 2019 |
News Room

Begini Cara PMII Uniba Banten Perkokoh Kebangsaan

Minggu, 10 Des 2017 | 19:32 WIB Dibaca: 488 Pengunjung

Moment foto bersama peserta PKD PMII Uniba di Gedung YAN Banten, Kota Serang, MInggu (10/12/2017)*

SERANG, [NEWSmedia] - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Bina Bangsa (Uniba) Banten telah melaksanakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) se-Provinsi Banten yang berlangsung sejak 6 sampai 10 Desember 2017 di Gedung YAN Banten, Kota Serang.

Ketua Komisariat PMII Uniba Banten, Muhammad David mengatakan, tanpa harus mengesampingkan materi pokok kaderisasi, peserta juga didorong agar selalu bepegang teguh pada ajaran Islam Ahlussunah Wal Jama'ah yang berkomitmen terharap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kita orang Islam yang tinggal di Indonesia, jadi peran terhadap negara harus didasari dengan rasa cinta tanah air, Karen cinta tanah air juga bagian dari pada Iman," kata David saat ditemui di lokasi, Minggu, (10/12/2017).

Ia menuturkan, saat ini Indonesia mengalami desintegrasi antar bangsa, satu sama lain saling mengklaim paling benar dan paling Islam dan bahkan paling Indonesia. Menurutnya, klaim kebenaran individual itu hanya akan melahir perpecahan bangsa.

"Bahkan bisa melahirkan kelompok ekstrem yang menjadikan agama sebagai tameng, maka, kegiatan kaderisasi tingkat dua ini bertujuan untuk mencetak kader mujahid sebagai benteng penjaga empat pilar kebangsaan dari kelompok-kelompok ekstremis itu," sambungnya.

Selain itu, ia juga mengajak kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut agar dapat bersama-sama menjaga kampusnya dari ancaman radikalisme dan terorisme yang bertentangan dengan konsensus berbangsa dan bernegara.

"Pancasila bukan akidah agama, dan tak akan menggantikan akidah agama manapun. Tapi ia dasar hidup bersama sebagai bangsa," terangnya.

Sementara itu, Alumni PMII Banten, Ucuy Masyhuri, yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Lebak mengatakan, salah satu tugas kader PMII adalah menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari paham-paham ekstremis yang dapat mengancam perpecahan.

"PMII mah kudu satu, pokoknya ngejagain NKRI," kata Ucuy, singkat. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Cara PMII Uniba Banten Perkokoh Kebangsaan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top