Jumat, 20 Juli 2018 |
Pariwisata

Begini Cara Pemerintah Bersihkan Wisata Bahari dari Sampah

Rabu, 07 Des 2016 | 17:26 WIB Dibaca: 514 Pengunjung

foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Perkembangan destinasi di Tanah Air membawa banyak turis di dunia dan nusantara untuk berpetualang keliling Indonesia, terutama untuk wisata bahari. 

Sayangnya, kehadiran destinasi tersebut tidak diseimbangi dengan kesadaran masyarakat dan turis dalam membuang sampah. Mereka sering membuang sampah sembarangan hingga masuk ke lautan. 

Sampah di lautan bisa merusak ekosistem di bawah laut. Tentu saja ini harus menjadi perhatian terbesar baik dari pemerintah pusat dan daerah dalam mengelola sampah. Agar, alam dan spesies yang hidup di dalamnya tetap terjaga dengan baik. 

"Kami menemukan masalah besar banyak sampah plastik. Indonesia negara dengan masalah sampah paling buruk setelah Tiongkok. Parahnya sampah dimakan ikan, ikannya dimakan manusia dan ini jadi masalah luar biasa kalau enggak ditangani," jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. 

Luhut menambahkan, jika sampah menjadi kendala utama, terutama di lautan Jakarta. Faktanya, Ibu Kota masih memiliki banyak sampah di Teluk Jakarta dan harus dimusnahkan dan dibersihkan segara. 

"Kemarin saya ketemu Menteri Infrastruktur Belanda di Jakarta, penurunan tanah 7,5 cm per tahun di Jakarta besar sekali sama dengan 100 tahun penurunan tanah di Belanda. Beliau menyarankan Giant sea wall harus dibangun, karena penetrasi (air laut) sudah sampai Monas," tambahnya. 

Dengan begitu, banyak perhatian yang harus dilakukan pemerintah Jakarta untuk menanggulangi sampah. Luhut bahkan mendukung progam reklamasi agar bisa menjernihkan air laut yang sudah terkontaminasi. 

"Waste to energy, kita akan convert sampah jadi energi. Kemarin sudah mulai bekerja dengan denmark untuk pengolahan sampah. Jadi ini harus masif. Kami sekarang juga berusaha menghambat agar sampah dari darat jangan ke laut," pungkasnya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Cara Pemerintah Bersihkan Wisata Bahari dari Sampah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top