Jumat, 26 April 2019 |
News Gallery - Tekno

Begini Cara Mudah Cek Aki Motor, Enggak Perlu Alat

Kamis, 11 Apr 2019 | 18:15 WIB Dibaca: 325 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Salah satu komponen pada sepeda motor yang hanya diperiksa saat terjadi gangguan, adalah aki. Padahal, fungsi aki sangat penting, yakni sebagai penyimpan arus listrik yang digunakan sistem kelistrikan motor.

Apabila aki mengalami masalah, maka lampu penerangan maupun kinerja mesin bakal terganggu. Banyak yang enggan repot memeriksa kondisi aki, karena dianggap ribet dan memakan waktu.

Menurut Sales Training and Homologation Manager PT Piaggio Indonesia, Adi Tristianto, pemeriksaan kondisi aki bisa dilakukan sendiri dan tanpa bantuan alat. Bahkan, hal itu bisa dilakukan setiap hari.

“Pagi-pagi, motor dipanaskan dulu. Biar awet dan beban kerjanya enggak terlalu besar. Mau melihat pengecasan aki bagus atau tidak, caranya kunci kontak on, hidupkan lampu sein dan pencet klakson," ujarnya, dikutip dari 100kpj, Selasa 9 April 2019.

Adi menjelaskan, jika mesin susah dihidupkan karena starter berputar lambat, itu pertanda aki mengalami masalah penyimpanan arus. Sebab, aki yang rusak hanya bisa menyimpan arus kurang dari yang dibutuhkan kendaraan.

“Sebelum mesin panas, susah distarter. Tapi begitu sudah panas, mudah distarter. Itu tanda aki sudah jelek. Kalau ciri aki mati, bisa hidup saat di-jumper. Tetapi, begitu jumper dilepas mesin mati atau tidak langsam,” tuturnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Cara Mudah Cek Aki Motor, Enggak Perlu Alat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top