Selasa, 02 Maret 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Begini Cara Mengetahui Sistem Pencernaan Sehat atau Tidak

Jumat, 26 Jan 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 2283 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Salah satu tanda tubuh yang sehat adalah memiliki pencernaan yang sehat. Hal ini dikarenakan apa yang kita konsumsi setiap hari menjadi penentu kesehatan tubuh. Ketika makanan yang dikonsumsi minim nutrisi, maka sistem pencernaan yang paling dulu kena dampaknya.

Untuk itu, berikut tanda-tanda yang harus Anda ketahui apakah sistem pencernaan Anda sehat atau sedang mengalami masalah.

Berat badan susah turun
Bila Anda sudah berusaha keras melakukan diet untuk menurunkan berat badan, mungkin masalahnya ada pada sistem pencernaan yang tidak sehat. Orang-orang yang kegemukan atau obesitas punya bakteri usus yang tidak seimbang. Inilah alasan mengapa Anda sulit menyusutkan bobot tubuh meskipun sudah berolahraga dan berdiet.

Prediabetes atau tanda-tanda diabetes
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada kaitan erat antara usus yang tidak sehat dengan potensi berkembangnya diabetes tipe 2. Ditemukan bakteri-bakteri pencernaan pada pasien diabetes tipe 2 tidak bersahabat bagi pencernaan.

Masalah kulit
Masalah kulit seperti jerawat mungkin saja jadi salah satu pertanda bahwa sistem pencernaan sedang terganggu. Terlebih jika jerawat terus menerus muncul walau sudah diobati dengan berbagai cara. Ketidakseimbangan bakteri dalam usus merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat.

Perubahan mood
Bila Anda merasa mudah tersinggung atau mengalami perubahan mood yang cukup drastis, sebaiknya waspada. Bisa jadi kondisi tersebut pertanda sistem pencernaan Anda tidak sehat. Adanya bakteri jahat di dalam usus yang ternyata dapat mempengaruhi otak.

Perut kembung
Pernah mengalami perut kembung sesaat setelah mengonsumsi makanan tertentu? Nah kondisi ini bisa jadi salah satu pertanda yang paling jelas bahwa adanya gangguan pada pencernaan Anda. Bisa jadi makanan yang Anda makan gagal dicerna dengan baik oleh tubuh sehingga menyebabkan gas di dalam usus. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Cara Mengetahui Sistem Pencernaan Sehat atau Tidak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top