Jumat, 27 November 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Begini Cara Memulai Makan Sehat

Jumat, 06 Okt 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 648 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Memulai pola makan sehat bisa jadi hal yang mudah, tapi di sisi lain juga bisa jadi sulit. Banyak yang enggan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya karena rasanya yang kurang sedap. Padahal makanan sehat membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Tapi tak perlu khawatir, Helga Angelina, pendiri Burgreens, yang juga menjalani pola makan sehat punya cara sendiri untuk memulainya. Salah satu yang terpenting baginya adalah mencari motivasi yang kuat. Sekadar ingin kurus, baginya bukanlah motivasi yang kuat.

"Motivasi ingin jadi kurus saja enggak cukup, karena motivasi kurus itu enggak kuat alasannya. Jadi orang ketika sudah kurus balik lagi ke pola makan sebelumnya," ungkap Helga saat ditemui di Plaza Indonesia, Kamis 5 Oktober 2017.

Dia menegaskan, untuk memulainya mesti punya alasan yang berkelanjutan dan juga kuat. "Misalnya saya mau makan sehat supaya hidup saya berkualitas dan bisa main sama anak cucu saya nanti. Itu jauh lebih kuat supaya kita lebih sustainable cara makan sehatnya," tuturnya.

Saran lainnya yang juga diberikan olehnya adalah untuk tidak berpikir rumit guna memulainya, atau menurut Helga, 'think simple'. Dia menjelaskan bahwa hampir tiap orang yang punya motivasi makan sehat, yang ditemuinya, terlalu memusingkan persiapannya.

"Mereka tuh sudah punya pikiran duluan yang ribet banget, padahal sesimpel kita cari 80 persen yang sehat, segar kaya sayur sayuran, buah-buahan, 20 persennya yang normal saja," kata dia.

Helga mengatakan, ketika tubuh telah terbiasa mengonsumsi makanan sehat, secara tidak langsung akan terus berkelanjutan

"Karena tubuh kalau sudah makan sehat enak, energi tinggi, enggak gampang sakit. Kalaupun sakit cepat sembuh, kulit segar. Kita kalau sudah merasakan benefit clean eating enggak mau balik lagi, jadi rasain dulu," ujar Helga.

Hal terakhir yang juga jadi catatan adalah mendisiplinkan diri selama 21 hari pertama. Menurutnya, pada 21 hari pertama itu lah tubuh akan secara tidak langsung memiliki ritme untuk memilih makanan yang lebih sehat.

"Yang perlu disiplin 21 hari pertama untuk membiasakan diri. Jadi 21 hari nonstop makan sehat, nanti badannya terbiasa sendiri, begitu makan tidak sehat terbiasa," kata dia. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Begini Cara Memulai Makan Sehat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top