Minggu, 09 Mei 2021 |
News Room - Banten Memilih

Beberapa Item Ini Dilarang Jadi Alat Kampanye di Pilgub Banten

Kamis, 17 Nov 2016 | 08:49 WIB Dibaca: 1210 Pengunjung

Ketua Pokja Kampanye KPU Provinsi Banten, Syaeful Bahri.*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyatakan semua alat peraga kampanye (APK) yang tidak diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 dan Nomor 12 tahun 2016, termasuk dalam kategori pelanggaran.

Ketua Pokja Kampanye KPU Provinsi Banten, Syaeful Bahri mengatakan, berdasarkan rapat kerja teknis bersama Bawaslu Provinsi dan Panwaslu kota/kabupaten, ketentuan mengenai alat peraga kampanye, sangat menjadi perhatian.

“Kami konsultasi dengan KPU pusat terkait dengan banner kecil, branding mobil dan semua APK yang tidak ada dalam Peraturan KPU. Maka kami tegaskan, apapun alat peraga kampanye yang tidak tertuang dalam PKPU Nomor 7 dan Nomor 12 tahun 2016 tentang kampanye, itu dilarang, karena berkolerasi dengan dana kampanye," kata Syaeful Bahri.

Ia juga mengatakan, alat peraga kampanye seperti kerudung atau sajadah atau apapun bentuknya, yang tidak diatur dalam Peraturan KPU tersebut, juga dilarang. Hal ini, kata Syaeful, berkaitan dengan keadilan dalam berkompetisi.

“Sifatnya pelanggaran, dan silakan panwas kabupaten/kota memutuskan jenis pelanggarannya seperti apa,” ujar mantan Ketua KPU Kota Cilegon ini.

Desain alat peraga kampanye

Syaeful juga mengungkapkan, bahwa KPU mendapat protes dari tim sukses pasangan calon terkait desain alat peraga kampanye yang berbeda. Diketahui, dalam desain alat kampanye pasangan cagub-cawagub nomor urut satu terdapat gambar paku yang mencoblos di bagian nomor urut, sedangkan dalam desain alat peraga kampanye pasangan cawagub-cawagub nomor urut dua, tidak ada gambar paku..

“Sekali lagi, semua desain yang dicetak oleh KPU Banten, itu didesain oleh tim sukses dan disetujui oleh mereka. Tugas KPU sesuai dengan undang-undang, hanya mencetak. Bahkan pasangan calon diberikan ruang untuk mencetak sendiri," terangnya.

Meski demikian, KPU Banten memberikan kesempatan apabila pasangan calon ingin memperbaiki desain alat peraga kampanye yang diberikan ke KPU. "Kalau seandainya ada APK yang mau diperbaiki, ya silakan perbaiki sesuai yang dicetak mereka, tapi koordinasikan dengan kita," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Beberapa Item Ini Dilarang Jadi Alat Kampanye di Pilgub Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top