Sabtu, 28 Maret 2020 |
News Room

Bea Cukai Kirim Balik 38 Kontainer Sampah ke Amerika Serikat

Kamis, 31 Okt 2019 | 15:06 WIB Dibaca: 344 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memulangkan 38 kontainer limbah atau sampah ke Amerika Serikat. Pengiriman kembali atau reekspor tersebut dilakukan oleh PT MSE dan SM.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, sebelumnya beredar kabar limbah plastik yang seharusnya diekspor kembali ke Amerika Serikat oleh PT MSE dan PT SM dialihkan ke India, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, Meksiko, Belanda dan Kanada. Pihaknya memastikan bahwa hal itu tidak benar.

"Berdasarkan dugaan tersebut, Bea Cukai langsung melakukan pengecekan kembali terhadap dokumen reekspor atas nama PT MSE dan PT SM," ujarnya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (31/10).

"Pemerintah Indonesia tidak pernah merekomendasikan atau menerbitkan surat persetujuan reekspor limbah yang terkontaminasi B3 asal Amerika Serikat ke negara Asia lainnya," sambungnya.

Heru menegaskan, dalam dokumen reekspor atas nama PT MSE tertulis negara tujuan adalah Amerika Serikat yang merupakan negara asal barang sebanyak 38 kontainer.

Adapun rinciannya, 15 kontainer ke JC Horizon Ltd., US LGB/Long Beach, 10 kontainer ke JC Horizon Ltd., USSEA/Seattle, dan 13 kontainer ke Ekman Recycllng USBAL/Baltimore.

Sementara, dokumen reekspor atas nama PT SM tertulis negara tujuan reekspor adalah Jerman yang merupakan negara asal barang, sebanyak 20 kontainer ke Melosch Export GMBH. Deham/Hamburg.

"Bahwa pelaksanaan reekspor terhadap impor Iimbah yang terbukti terkontaminasi Bahan Berbahaya dan Beracun atau tercampur sampah, telah mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31/M-DAG/PER/5/2016 tentang ketentuan impor limbah non-bahan berbahaya dan beracun, serta Basel Convention." [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bea Cukai Kirim Balik 38 Kontainer Sampah ke Amerika Serikat

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top