Rabu, 18 Juli 2018 |
News Room

Bayar Pajak Kendaraan dan Denda Tilang Kini Bisa Lewat M-Banking dan ATM

Sabtu, 17 Des 2016 | 12:36 WIB Dibaca: 889 Pengunjung

Launching program e-tilang, e-samsat dan SIM online di Polda Banten, Jumat (16/12/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan tiga program baru di bidang pelayanan lalu lintas. Tiga program tersebut, yakni e-tilang, e-samsat dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online.

Tiga program berbasis internet dan teknologi tersebut dilaunching di Mabes Polri dan serentak di seluruh Polda se- Indonesia, Jumat (16/12/2016).

Dengan sistem baru, mulai sekarang bayar pajak kendaraan bermotor dan bayar denda tilang bisa dilakukan secara online. Masyarakat tidak perlu menyetor tunai ke kantor Samsat atau ke pengadilan, tinggal memanfaatkan layanan via mobile banking (M-Banking) atau setor via ATM.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, program ini diresmikan secara serentak oleh kepolisian di masing-masing daerah di Indonesia, berbarengan dengan launching di Mabes Polri, Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

“Dengan program ini masyarakat akan dimudahkan, masyarakat bisa lebih sederhana, bisa mempersingkat waktu, dengan memanfaatkan gerai-gerai ATM yang ada,” kata Sigit usai launching di Markas Polda Banten, kawasan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Ia menjelaskan, dengan program ini, masyarakat tinggal memanfaatkan fasilitas digital seperti mobile banking maupun ATM untuk menyetor pembayaran pajak maupun denda tilang.

Meski demikian, kata Sigit, pelayanan secara manual juga masih bisa dilakukan di kantor atau gerai-gerai Samsat dan di pengadilan saat pengurusan tilang.

“Jika masyarakat ingin langsung, bisa. Ini pilihan saja. Misalnya, masyarakat tidak terima suatu hal dan ingin melalui sidang, silakan,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bayar Pajak Kendaraan dan Denda Tilang Kini Bisa Lewat M-Banking dan ATM
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top