Rabu, 25 November 2020 |
News Room - Politik

Bawaslu RI Temukan Indikasi 'Money Politic' dan DPT Bermasalah di Banten  

Kamis, 16 Feb 2017 | 17:34 WIB Dibaca: 2072 Pengunjung

Sejumlah pelanggaran ditemukan di berbagai daerah.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia menggelar konferensi pers terkait temuan politik uang dalam Pilkada serentak yang diselenggarakan di 101 daerah. Banten berada di posisi ketiga dengan 5 temuan.

"Temuan politik uang tertinggi saat pencoblosan terjadi di DKI Jakarta 8 temuan, Bangka Belitung 7 temuan, dan Banten 5," kata staf ahli Bawaslu RI, Rikson Nababan di kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017).

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu RI Daniel Zuchron mengatakan timnya masih terus melakukan investigasi. Bawaslu RI juga masih mengumpulkan temuan pelanggaran yang terjadi di sejumlah daerah.

"Masih dalam penyelidikan. Agak sabar sedikt," kata Daniel.

Selain politik uang, Bawaslu menemukan DPT bermasalah di sejumlah daerah. Daerah yang mendapat permasalahan DPT terbanyak adalah Banten.

"Temuan permasalahan DPT tertinggi terjadi di Banten 29 temuan, DKI Jakarta 26 temuan, dan Aceh 11 temuan," kata Rikson.

Mengatasi hal ini Bawaslu RI juga mengutus gugus kerjanya, dalam hal ini termasuk juga KPU untuk memperhatikan tiga konsekuensi atas pelanggaran yang muncul di lapangan. Konsekuensi tersebut adalah pindana.

"Yang kedua administrasi, dan yang ketiga adalah kode etik yang ditangani oleh KPU," pungkas Daniel. [dtc]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu RI Temukan Indikasi 'Money Politic' dan DPT Bermasalah di Banten  
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top