Selasa, 07 Juli 2020 |
News Room - Banten Memilih

Bawaslu Ragukan Validitas DPT Pilkada Banten

Senin, 12 Des 2016 | 08:45 WIB Dibaca: 1168 Pengunjung

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten digelar, Rabu, 15 Februari 2017.*

SERANG, [NEWSmedia] - Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Pramono U Tanthowi, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten untuk memeriksa ulang Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Banten 2017 yang telah ditetapkan.

Hal tersebut diminta lantaran pihaknya memprediksi ada potensi ketidakcermatan pada saat input data Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk ditetapkan menjadi DPT oleh petugas KPU Provinsi Banten.

“Yang tidak memenuhi syarat angkanya banyak sekali, ada 80 ribuan. Mungkin saja ada kesalahan input,” kata Pramono akhir pekan kemarin.

Diketahui, KPU Provinsi Banten telah menetapkan DPT untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 sebanyak 7.734.485 orang pemilih. Jumlah itu berkurang mencapai 1 juta pemilih yang sebelumnya masuk DPS.

Berita terkait: Rincian Jumlah Pemilih yang Ditetapkan KPU di Pilkada Banten 2017

Berdasarkan data KPU Banten, DPT berkurang dari DPS karena ada sekitar 88.599 orang yang tidak memiliki KTP elektronik, sehingga dihapus dari daftar pemilih, karena dianggap tidak memenuhi syarat.

Akan tetapi, sebanyak 88.599 warga itu masih bisa menggunakan hak pilih jika membawa surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil saat datang ke TPS pada hari pencoblosan, 15 Februari 2017 nanti.

Namun Pramono meragukan bahwa puluhan ribu pemilih tersebut dicoret karena tidak memiliki e-KTP. Ia memperkirakan data pemilih yang tidak memenuhi syarat tersebut karena faktor kelalaian petugas KPU.

“Kami ingin semua warga yang mempunyai hak untuk memilih, tidak ikut dicoret, karena kesalahan petugas,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pramono berharap KPU untuk melakukan validasi ulang terhadap DPT, sehingga tidak ada masalah di kemudian hari. “Penetapan DPT ini harus benar-benar. Kalau misalnya masih ada pemilih yang tidak berhak, tapi masuk dalam DPT, itu bisa jadi masalah lagi nanti,” tuturnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Ragukan Validitas DPT Pilkada Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top