Jumat, 22 Maret 2019 |
News Room - Politik

Bawaslu Kota Serang Temukan Warga Negara Asing Terdaftar Sebagai Pemilih

Senin, 11 Mar 2019 | 23:48 WIB Dibaca: 215 Pengunjung

Ketua Bawaslu Kota Serang, Rudi Hartono ditemui saat melakukan monitoring kegiatan ‘Deklarasi Nelayan Dukung Jokowi’ di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang, Senin (11/3/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang menemukan seorang Warga Negara Asing (WNA) terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2019. Nama WNA tersebut masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten.

Ketua Bawaslu Kota Serang, Rudi Hartono mengatakan, data WNA yang masuk dalam DPT Pemilu 2019 di Kota Serang itu ditemukan saat pihaknya melakukan verifikasi hasil pencocokan dan penelitian DPT.

“Di data kependudukan, ada sembilan WNA di Kota Serang dan itu tidak masuk DPT. Tetapi ada satu WNA yang tidak ada di data kependudukan, tapi masuk ke DPT,” kata Rudi ditemui saat melakukan monitoring kegiatan ‘Deklarasi Nelayan Dukung Jokowi’ di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang, Senin (11/3/2019).

Rudi mengungkapkan, WNA berjenis kelamin perempuan tersebut berasal dari Mesir. “Dia punya suami di Kota Serang dan tinggalnya di Sumur Pecung,” ungkap Rudi tanpa memberitahu identitas WNA tersebut.

Namun atas temuan itu, lanjut Rudi, Bawaslu Kota Serang telah memberi rekomendasi kepada KPU Kota Serang untuk mencoret pemilih tersebut dari data. “Kami sudah merekomendasikan untuk mencoret WNA itu,” tuturnya.

“Kita memastikan DPT tidak ada WNA, tapi kami pastikan siapapun WNA nya kami pastikan dicoret dari DPT,” tambahnya.

Menurut Rudi, masuknya seorang WNA ke dalam DPT tersebut adalah karena kelalaian petugas saat mencocokkan data di lapangan.

“Kalau itu saya lihat artinya hasil dari petugas coklit (pencocokan dan penelitian-red), karena data di Disdukcapil tidak ada. Kelalaian mungkin ketika mendata, karena kronologisnya, suami WNA ini orang sini. Jadi si ibu orang Mesir punya suami orang sini, sudah lama tinggal di Serang,” terangnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Kota Serang Temukan Warga Negara Asing Terdaftar Sebagai Pemilih
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top