Selasa, 17 Juli 2018 |
News Room

Bawaslu Bentuk Pusat Pengawasan Pemilu Partisipatif, Masyarakat Diajak Gabung

Rabu, 19 Jul 2017 | 14:19 WIB Dibaca: 652 Pengunjung

Kegiatan pada saat launching Dan dialog tentang kepemiluan di Resto Kebon Kubil, Kota Serang, Rabu (19/7/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pada 2018, sejumlah daerah di Indonesia akan menggelar Pilkada secara serentak. Termasuk di Banten, ada empat daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, yakni Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang Dan Kota Tangerang.

Sebagai upaya menciptakan demokrasi yang seat, jujur dan adil, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan membentuk Pusat Pengawasan Pemilu Partisipatif. Unsur tersebut melibatkan masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada di masing-masing daerah.

"Pusat Pengawasan Pemilu Partisipatif ini akan dibentuk langsung di bawah Bawaslu di seluruh Indonesia, jadi mahasiswa, masyarakat bisa berpartisipasi langsung," kata Koodinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu RI, Mochamad Afifudin dam acara Launching Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JPRD) dan Dialog Kepemiluan di Kebon Kubil, Kota Serang, Rabu, (19/7/2017).

Ia mengatakan, Bawaslu juga akan melaksanakan program 'Bawaslu Mengawasi', yang akan melibatkan semua unsur untuk ikut terlibat penuh dalam pesta demokrasi baik until Pilkada serentak 2018 maupun Pemilu Legislation dan Pilpres 2019.

"Jika dulu 'Bawaslu Mendengar', lalu 'Bawaslu Memanggil', sekarang sedang kita buat, dimulai bulan September. Nanti jika ada yang melakukan Money Politic oleh tim calon, calonnya juga akan didiskualifikasi," terangnya.

Akademisi Untirta, Ika Arinia Indriyani sepakat bahwa masyarakat harus terlibat aktif dalam setiap agenda pemilu. Ia mengatakan, 80 persen masyarakat yang ikut memilih sudah terlena dalam istilah Money Politics. Masyarakat pun sebagian besar menganggap money politics hanya sebatas uang.

"Masyarakat harus ikut merasakan pesta rakyat, jangan yang ditahu money politic itu hanya uanh saja. Padahal ada pembagian mukena, sarung, dan baju futsal. itu bagian dari politik uang," terangnya. [ard]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Bentuk Pusat Pengawasan Pemilu Partisipatif, Masyarakat Diajak Gabung

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top