Rabu, 23 Mei 2018 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Bawaslu Banten Terima Laporan Terkait Kehadiran Andika di Acara Golkar dan PMI

Rabu, 19 Okt 2016 | 17:31 WIB Dibaca: 1516 Pengunjung

Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono U Tantowi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Selain laporan dugaan pelanggaran terkait bakal calon petahana Gubernur Banten Rano Karno, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten juga menerima laporan dugaan pelanggaran Pilkada Banten pada acara DPD Partai Golkar Kabupaten Serang.

Terdapat dua laporan yang masuk ke Bawaslu Provinsi Banten terkait dugaan pelanggaran pilkada yang terjadi saat acara Jalan Sehat dalam rangka HUT Partai Golkar yang digelar DPD Partai Golkar Kabupaten Serang di Kecamatan Tirtayasa.

Pelapor pertama adalah warga Desa Laban Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang, Iqbal Nafis. Ia melaporkan salah satu Sekretaris Desa di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang yang ikut dalam acara jalan sehat yang digelar DPD Partai Golkar Kabupaten Sernag, di Kecamatan Tirtayasa pada Rabu (12/10/2016).

“Saya melihat sendiri, Pak Sulhi (Sekdes Kalapian-red) waktu itu sempat membagi-bagikan kupon undian yang diberikan oleh panitia dan dibagikan kepada masyarakat. Dia juga ikut nongkrong di sana sampai acara selesai. Itu yang menurut kami patut diduga masuk dalam pelanggaran,” kata Iqbal yang menyerahkan laporam ke kantor Bawaslu pada Selasa (18/10/2016).

Pelapor kedua adalah Arif, warga yang mengaku berasal dari Desa Alang-alang Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang. Ia mendatangi kantor Bawaslu Banten melaporkan mobilisasi massa pada saat acara HUT PMI Kota Serang pada Sabtu (15/10/2016) yang dihadiri oleh bakal calon wakil gubernur, Andika Hazrumy.

“Kami menduga acara PMI kemarin dikemas dalam bentuk sosialisasi calon, apalagi Andika juga naik ke panggung sama Bu Aci (Adde Rosi-Ketua PMI Kota Serang). Andika di sana kapasitasnya sebagai apa? itu yang membuat kami lapor ke Bawaslu," kata Arif.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono U Tantowi mengatakan, pihaknya akan mengkaji laporan dari warga tersebut. Bahkan jika diperlukan ia akan meminta keterangan dari beberapa pihak, termasuk panitia pengawas pemilu (Panwaslu) setempat untuk melaporkan hasil pengawasannya di lapangan.

“Yang pasti akan kami panggil pihak-pihak yang terkait agar bisa dijelaskan secara rinci mengenai agenda kegiatannya,” kata Pramono. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Banten Terima Laporan Terkait Kehadiran Andika di Acara Golkar dan PMI
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top