Rabu, 21 Agustus 2019 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Bawaslu Banten Siap Jawab Gugatan Rano-Embay di MK

Selasa, 07 Mar 2017 | 21:05 WIB Dibaca: 1308 Pengunjung

Rano Karno bersama Embay Mulya Syarief. (Foto: CNN Indonesia)

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten akan mempersiapkan bahan untuk menghadapi gugatan hasil Pilkada Banten 2017 yang diajukan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten, Rano Karno-Embay Mulya Syarief ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Tanthowi mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu salinan permohonan dari pemohon yang diupload di website MK dan selanjutnya langsung melakukan pemetaan.

“Karena kemungkinan, tanggal 14 itu sudah ada salinan terakhir dari MK. Setelah itu kita menyusun keterangannya dan itu tidak lama, mungkin satu minggu lah selesai,” kata Pramono kepada NEWSmedia, Selasa (7/3/2017).

Ia mengungkapkan, pekan depan seluruh panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di tingkat kabupaten/ kota akan dikumpulkan untuk dimintai data-data terkait proses-proses pengawasan dan penanganan pelanggaran selama tahapan Pilkada Banten 2017.

“Kita harus mengurai dalam keterangan kita, mulai dari langkah-langkah pengawasan, penanganan pelanggaran dari awal sampai akhir. Jadi nanti tugas kita hanya memberi keterangan terkait dengan tugas pengawasan dan penanganan pelanggaran serta hal-hal yang digugat oleh pemohon," kata

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banten, Eka Satyalaksmana mengatakan, pihaknya telah siap jika MK membutuhkan data terkait seluruh proses pengawasan selama tahapan Pilkada Banten berjalan.

“49 gugatan yang masuk ke MK akan disidang tanggal 16 Maret 2017, berapa yang akan dilanjutkan ke pokok perkara, termasuk penerimaan dan penolakan gugatan. Kalau sekarang, masih pengecekan dokumen secara administratif, kita tunggu aja. Saya kira KPU, juga masing-masing paslon menyiapkan diri, terutama paslon yang menyampaikan gugatan,” terangnya.

Mempersilakan lapor ke DKPP

Eka juga mengatakan, apabila pasangan calon tidak merasa puas dengan kinerja penyelenggara Pilkada Banten 2017, pihaknya mempersilakan untuk melapor ke Dewan Kehormatan Komisi Pemilu (DKPP).

“Saya kira yang berkaitan dengan kinerja penyelenggara Pemilu, DKPP juga lembaga yang tepat menerima laporan itu. Jadi kalau Bawaslu dianggap tidak profesional, tidak menjalankan tugasnya, silakan saja, kita bekerja sesuai peraturan dan undang-undang. Semua kita tangani dengan berkeadilan profesional,” ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Banten Siap Jawab Gugatan Rano-Embay di MK
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top