Selasa, 04 Agustus 2020 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Bawaslu Banten: Sebagian Besar Laporan Adalah Pelibatan ASN dan Penggunaan Fasilitas Negara

Sabtu, 19 Nov 2016 | 16:05 WIB Dibaca: 1144 Pengunjung

Foto-foto terkait dugaan pelanggaran Pilkada Banten yang dilaporkan ke Bawaslu. (Dok: NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten telah menerima dan menangani 51 laporan dugaan pelanggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya terkait dugaan pelanggaran yang melibatkan penyelenggara Negara (ASN) dan penggunaan fasilitas negara.

“Dari 51 kasus pelanggaran, sebagain besar laporannya adalah pelibatan ASN dan penggunaan fasilitas Negara,” kata Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tanthowi, Sabtu (19/11/2016).

Pramono mengungkapkan, sebagian besar laporan tersebut relay ditangani dan sebagian sudah selesai prosesnya. Adapun berdasarkan kajian tim penanganan pelanggaran, kata dia, laporan-laporan tersebut mengarah pada kasus pelanggaran adminitrasi.

Diungkapkan Pramono, laporan keterlibatan ASN berupa poto-poto bersama calon dengan menggunakan simbol jari. Sementara, untuk penggunaan fasilitas negara, berupa alat milik pemerintah yang digunakan pada kegiatan kampanye paslon.

“Sebagain besar seperti itu (simbol jari), dan kalau penggunaan fasilitas, ada kaos kegiatan salah satu SKPD yang bergambar foto calon, dan penggunaan fasilitas lainya,” ungkapnya.

Namun, Pramono mengatakan tidak bisa mengungkapkan secara detail jumlah kasus yang melibatkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut 1 berapa dan dari calon gubernur-wakil gubernur pasangan calon nomor 2 berapa.

Menurut Pramono, dari kasus pelanggaran tersebut, semua sudah direkomendasikan ke intitusi masing-masing, untuk mengambil tindakan secara administrasi.

“Kasus pelanggaran yang ditangani Bawaslu seluruhnya sudah hampir selesai, direkomendasikan ke intansi masing-masing, untuk diberikan sanksi sesuai rekomendasi kami,” tutur Pramono. [ags]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Banten: Sebagian Besar Laporan Adalah Pelibatan ASN dan Penggunaan Fasilitas Negara
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top