Jumat, 30 Oktober 2020 |
News Room - Banten Memilih

Bawaslu Banten Minta Masyarakat Sipil Aktif Mengawasi Pilkada

Jumat, 25 Nov 2016 | 09:07 WIB Dibaca: 945 Pengunjung

Ketua Bawaslu Banten Pramono U Thantowi (tengah) saat acara Rapat Koordinasi stakeholder pengawasan pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 di Hotel Marbela Anyer, Kamis (24/11/2016) petang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten meminta agar masyarakat sipil bisa turut serta dalam melakukan pengawasan Pilkada Banten 2017. Selama ini, partisipasi pengawasan dari masyarakat sipil terhadap tahapan pilkada dinilai belum tumbuh di Provinsi Banten.

“Kita ingin membangun koalisi dengan masyarakat sipil, untuk bersama-sama menjadi pengawas pemilu,” kata Ketua Bawaslu Banten Pramono U Thantowi ditemui usai Rapat Koordinasi stakeholder pengawasan pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 di Hotel Marbela Anyer, Kamis (24/11/2016) petang.

Pramono mengatakan, tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu bukan hanya dibebankan kepada pemerintah, ataupun penyelenggara, melainkan juga menjadi tanggung jawab semua kalangan, termasuk kelompok masyarakat sipil.

Ia juga mengingatkan, kelompok masyarakat sipil untuk tidak terjebak dalam aksi dukung mendukung salah satu pasangan calon, tetapi sebaiknya menjadi barisan yang ikut memantau penyelenggaraan pemilu.

“Misalnya yang bicara soal persamaan hak, soal bantuan hukum, kan lemah sekali. Nah itu dari yang ada ini, kita makin dorong, dari organisasi-organisasi kemahasiswaan, kepemudaan, ormas-ormas, kita dorong, jangan ada di antara pendukung itu, tapi ada di antara barisan yang di tengah,” tuturnya.

Pramono juga mengatakan, untuk menyukseskan agenda Pilgub Banten 2017, semua kalangan harus mempunyai peran yang sesuai dengan kemampuannya. Oleh karena itu, pertemuan dengan semua stakeholder seperti ini harus rutin diselenggarakan, agar bisa memunculkan kesepahaman.

“Dari semua elemen punya tanggung jawab yang sama untuk menyukseskan pilgub ini. Kita mendorong agar demokrasi bisa lebih baik,” ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Banten Minta Masyarakat Sipil Aktif Mengawasi Pilkada
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top