Jumat, 07 Agustus 2020 |
News Room - Banten Memilih

Bawaslu Banten Larang Kendaraan ‘Dibranding’ Kampanye Cagub-Cawagub

Jumat, 28 Okt 2016 | 13:30 WIB Dibaca: 1085 Pengunjung

Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Banten, Eka Satialaksmana.*

SERANG, [NEWSmedia] - Bawaslu Provinsi Banten melarang pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten melakukan branding pada kendaraan yang akan digunakan rombongan pawai saat Kampanye Pilkada. Pemasangan alat peraga kampanye hanya diperbolehkan yang sesuai dengan peraturan Pilkada.

Demikian hal tersebut dikatakan Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga  Bawaslu Provinsi Banten, Eka Satialaksmana, usai rapat persiapan Kampanye damai di Kantor KPU Banten, Kamis (27/10/2016).

“Selain yang dicetak KPU dan yang didaftarkan itu, berarti semua alat peraga atau menyerupai APK itu berarti liar dan harus ditertibkan,” kata Eka.

Ia mengatakan, saat ini masih banyak kendaraan milik calon dan pendukung yang dibranding dengan stiker-stiker bergambar pasangan calon atau nama pasangan dan inisialnya.

“Branding atau one way itu kan sebetulnya nggak boleh, karena dalam aturan, untuk stiker itu kan sudah ditentukan ukurannya, cuma 10 kali 15 centimeter,” jelasnya.

Dikatakan Eka, kendaraan yang akan digunakan dalam arak-arakan sudah disiapkan oleh KPU dan telah dibuat ikonik sesuai dengan kriteria kandidat.

“Difasilitasi KPU semua, terutama mobil pasangan calon itu juga sudah difasilitasi KPU. Jadi untuk masing-masing pasangan calon itu sudah disiapkan kendaraan khusus yang mobil hiasnya sudah sesuai dengan atribut pasangan calon. Prinsipnya branding atau one way tidak diperbolehkan berkeliaran dijalan,” katanya.

Menurut Eka, larangan itu juga berlaku selama tahapan kampanye. Bawaslu akan berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan untuk melakukan penertiban terhadap kendaraan-kendaraan yang menggunakan branding berbau kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Kalau nanti ada kendaraan yang masih di branding dengan gambar-gambar pasangan calon, kita minta untuk distop dan dicopot saja APK nya oleh petugas dishub dan polisi,” ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Banten Larang Kendaraan ‘Dibranding’ Kampanye Cagub-Cawagub
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top