Senin, 16 Desember 2019 |
News Room

Basarnas Banten Beri Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Jalan Raya

Rabu, 04 Sept 2019 | 13:25 WIB Dibaca: 251 Pengunjung

Simulasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan di Posko E&C Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (4/9/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Badan SAR Nasional Provinsi Banten memberikan pelatihan kepada potensi SAR tentang pertolongan pertama pada kecelakaan kendaraan yang terjadi di jalan raya.

Kepala Basarnas Banten, M. Zainal Arifin mengatakan pelatihan tersebut di erikan lantaran potensi kecelakaan kendaraan di wilayah Provinsi Banten relatif tinggi.

"Wilayah Banten ini rawan dengan penggunaan kendaraan berat dan besar, baik di jalur Utara ataupun jalur Selatan, sehingga kita laksanakan kegiatan ini agar menjadi skala prioritas untuk menangani manakala ada kecelakaan di jalan raya," kaya Zainal di Posko E&C Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (4/9/2019).

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari semua unsur potensi SAR yang bersentuhan langsung di jalan raya.

"Hampir semua Lantas di Polda Banten ada, dari Dinas Perhubungan kemudian dari unsur potensi lainnya, BPBD dan TNI kita libatkan, intinya untuk pengetahuan bagi instansi yang bersentuhan langsung di jalan," jelasnya.

Ia juga menegaskan, ada dua materi pokok dalam pelatihan tersebut, pertama tentang pertolongan medis pada saaf kecelakaan korban dan kedua tentang penanganan korban kecelakaan yang terjepit di dalam kendaraan.

"Orang yang terjebak saat kecelakaan atau tabrakan dan terjebak di dalam dan tidak bisa keluar, kita menggunakan alat khusus untuk memotong bagian dari kendaraan itu sendiri untuk mengeluarkan korban," pungkasnya. [ahi] 

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Basarnas Banten Beri Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Jalan Raya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top