Jumat, 26 Februari 2021 |
News Room

Bantuan Desa Dari APBD Banten Rawan Dimanfaatkan untuk Pilgub

Senin, 14 Nov 2016 | 09:03 WIB Dibaca: 1159 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Secara mendadak, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memberikan bantuan gubernur (Ban-Gub) untuk 1.238 desa di Provinsi Banten. Setiap desa direncanakan akan mendapatkan bantuan Rp20 juta.

Akademisi Untirta Suwaib Amirudin mengatakan, kemunculan bantuan gubernur untuk desa perlu dilihat secara mendalam. Meski bersifat untuk pembinaan aparatur dan perangkat desa, tetapi ini seperti bagian dari bantuan sosial.

"Apalagi ini muncul di anggaran perubahan yang notabene tergantung kepentingan kepala daerah. Karena itu, perlu diawasi betul," kata Suwaib kepada wartawan, kemarin.

Diketahui, bantuan gubernur per desa Rp20 juta rincian di antaranya untuk penyusunan revisi RPJMDes, RKPDes 2017, APBDes 2017 dan rapat-rapat Rp3,5 juta, penguatan BPD Rp2 juta, kegiatan penguatan karang taruna Rp2 juta, kegiatan Posyandu Rp1,5 juta, pengadaan laptop beserta aplikasi profil desa Rp7,5 juta, updating profil desa Rp600 ribu, honor operator Rp300 ribu.

Menurut Suwaib, bantuan ini rawan disalahgunakan dengan diklaim bagian dari bantuan pihak tertentu untuk kepentingan pilgub. Apalagi, menurutnya, saat ini banyak pejabat di Pemprov Banten yang terindikasi mendukung calon petahana (nomor urut dua) di Pilkada Banten.

"Bantuan sosial dari APBD kerap dijadikan alat untuk menigkatkan popularitas pemberi bantuan. Ini sarat dengan muatan politik," ujarnya.

Oleh karena itu, Suwaib juga meminta Bawaslu untuk ikut mengawasi semua bantuan APBD yang turun ke masyarakat karena khawatir digunakan untuk kepentingan politik.

"Bawaslu bisa melakukan pengawasan. Gerak-gerik APBD yang bernuansa politik harus diawasi betul. Dan Bawaslu itu adalah pengawas yang ditugaskan negara agar APBD dan birokrat tidak masuk ranah politik," ujarnya. [nr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bantuan Desa Dari APBD Banten Rawan Dimanfaatkan untuk Pilgub
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top