Kamis, 06 Mei 2021 |
News Community

Bantu Belajar Daring, Alumni ITS Banten Hibahkan 47 Tablet Ke SD di Kawasan Baduy

Minggu, 17 Jan 2021 | 22:01 WIB Dibaca: 2471 Pengunjung

Alumni TIS Banten hibahkan 47 tablet ke SD di Kawasan Baduy. [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (IKA-ITS) Provinsi Banten menghibahkan 47 tablet, 47 kartu perdana dan 47 sanitizer kepada SD Negeri Bojong Menteng 2 Ciboleger Kabupaten Lebak, Sabtu (16/1).

Hibah ini bertujuan untuk membantu siswa-siswi belajar dalam jaringan (daring) atau lebih dikenal dengan sebutan belajar online. 

“Panjangnya masa pandemi menyebabkan proses belajar-mengajar bergantung pada internet atau online. Sistem ini menyebabkan siswa membutuhkan peralatan tambahan seperti HP, tablet, laptop atau PC. Sayangnya tidak semua siswa memiliki alat itu. Karenanya, kami dari IKA ITS berusaha membantu kondisi ini dengan menghibahan beberapa tablet sekaligus nomor perdana untuk siswa,” kata David Rahadian, Ketua DPW IKA-ITS Provinsi Banten melalui keterangan tertulisnya, Minggu (17/1/2021).

Donasi Gawai Gotong Royong ini merupakan program IKA-ITS nasional. Selain di Banten, hibah juga dilaksanakan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Banten, lokasi hibah dilaksanakan di Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak.

“SD Negeri Bojong Menteng 2 Ciboleger terletak di sebelah tanah ulayat Baduy. Informasi yang kami dapatkan, sebagian besar siswa berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah. Sehingga tidak semua siswa mempunyai gadget untuk belajar online. Mudah-mudahan bantuan gadget yang tidak seberapa banyak ini dapat membantu mereka,” ujar David.

Kepala Sekolah SD Negeri Bojong Menteng 2 Ciboleger Usen Suhendar menyatakan, siswanya berjumlah 198 orang. Ditangani oleh 10 guru yang terdiri dari 3 PNS dan 7 honorer (GTK). 

“Kami mengucapkan sangat-sangat terima kasih atas perhatian IKA-ITS. Selama massa pandemik ini, SD Negeri Bojong Menteng 2 menggunakan dua metoda belajar. Untuk kelas 4, 5 dan 6 menggunakan metoda daring atau online. Sedangkan untuk kelas 1, 2 dan 3 menggunakan metoda guru mendatangi siswa,” kata Usen Suhendar. 

Siswa-siswa SDN Bojong Menteng 2 berasal dari 5 kampung di sekitarnya. Sehingga dapat dibentuk 5 kelompok belajar. Secara bergantian, guru mendatangi 5 kelompok belajar itu. 

Hadir dalam acara serah-terima hibah tablet itu, Kabid SD Dindik Kabupaten Lebak Maman Suryana, Ketua PGRI Kecamatan Leuwidamar dan beberapa kepala sekolah di Leuwidamar. Sementara dari IKA-ITS Banten diwakili oleh Ketua David Rahadian dari CEO PT Krakatau Argo Logistic, Herwan Febriyadi dari ASN LPMP Lebak, Jimmy SHP Sitanggang dari ASN Distamben Banten, dan Ucu NA Jauhar dari IeSPA Banten. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bantu Belajar Daring, Alumni ITS Banten Hibahkan 47 Tablet Ke SD di Kawasan Baduy
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top