Jumat, 22 Juni 2018 |
News Room - Pariwisata

Banten Punya Jurus Silat Baru, Diperagakan di AKCF dan Mendapat Rekor MURI

Minggu, 20 Agt 2017 | 16:34 WIB Dibaca: 820 Pengunjung

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (kanan) dan sejumlah pejabat ikut memeragakan jurus silat 'Gerak Kaserangan' di tepi Pantai Plorida, Anyer, Sabtu (19/8/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Menjaga dan mengembangkan seni budaya memang menjadi sebuah kewajiban bagi masyarakat di daerah. Termasuk di Banten, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama tokoh pendekar menciptakan satu jurus silat baru bernama ‘Gerak Kaserangan’.

Jurus silat ‘Gerak Kaserangan’ diluncurkan serta diperagakan dalam event Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017. Jurus itupun menjadi lomba pada hari pertama AKCF, Sabtu (19/8/2017). Pesertanya adalah 40 paguron dari Kabupaten Serang.

Ratusan pesilat menampilkan jurus ‘Gerak Kaserangan’ di tepi Pantai Plorida, Anyer. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Plt Sekda Pemkab Serang Agus Erwana, dan Ketua Pendekar Muda Banten Pilar Saga Ichsan ikut memeragakan jurus tersebut. Penampilan ratusan pesilat tersebut pun meraih Rekor MURI.

Tekad Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk melestarikan dan mengembangkan nilai seni dan budaya, khusunya terhadap pendekar persilatan di Banten memang sangat tinggi.

Gagasan ini tak lain untuk memperkuat persatuan dan kesatuan para pesilat dengan menciptakan jurus bersama yang masih sangat berciri khas Banten.

Menurut Tatu, dirinya hanya menggagas agar di Kabupaten Serang punya ciri khas jurus silat yang bisa dipelajari oleh para pendekar. “Sementara jurus diciptakan oleh para senior pendekar yang duduk bersama dan terciptalah jurus Gerak Kaserangan,” kata Tatu.

Ia berharap, dengan jurus tersebut, kesatuan dan persatuan para pendekar dari seluruh paguron di Banten semakin kuat. "Insya Allah, jurus ini akan terus dilombakan di berbagai event," ujarnya.

Dilihat dari geraknya, jurus Gerak Kaserangan ini kental dengan nuansa ke-Banten-an. Selain penuh gerakan kekuatan, di akhir jurus, para pesilat diwajibkan menampilkan Debus.

Gagasan ada Debus dalam jurus ini digagas Pilar Saga Ichsan, Ketua Pendekar Muda Banten yang juga putra Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. [nur]

Penulis: Amrin Nur
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Banten Punya Jurus Silat Baru, Diperagakan di AKCF dan Mendapat Rekor MURI
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top