Senin, 26 Februari 2018 |
News Room - Pariwisata

'Banten Night Festival' Jadi Ajang Nostalgia Warga Banten di Kota Kembang

Minggu, 06 Nov 2016 | 14:07 WIB Dibaca: 1496 Pengunjung

Pagelaran seni budaya yang ditampilkan dalam acara 'Banten Night Festival 2016' di Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (5/11/2016) malam.*

BANDUNG, [NEWSmedia] - Mahasiswa Banten dan sejumlah elemen warga Banten di Kota Bandung, Jawa Barat antusias meramaikan acara ‘Banten Night Festival’ yang dipusatkan di area Car Free Night Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (5/11/2016) malam.

Acara ‘Banten Night Festival’ itu menyajikan pentas seni budaya Banten seperti debus, rampak bedug dan seni budaya Banten lainnya. Tak hanya itu, ada juga persembahan kesenian dari beberapa daerah seperti Cirebon, Karawang dan daerah lain yang mewakili keberagaman budaya nusantara.

Yuda selaku Ketua Pelaksana ‘Banten Night Festival’, mengatakan, event ini dijadikan sebagai salah satu cara melestarikan kesenian dan kebudayaan Banten oleh warga Banten di Kota Bandung, Jawa Barat.

“Di mana pun, kapan pun, kami selaku putra daerah Banten sudah selayaknya melestarikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya tanah kelahiran,” kata Yuda dalam siaran pers yang diterima NEWSmedia, Minggu (6/11/2016).

Selain itu, lanjut Yuda, event ini juga menjadi  ajang promosi dalam memperkenalkan kepada orang di luar Banten untuk mengetahui kesenian dan kebudayaan yang berasal dari Banten.

Tentunya, acara ini menjadi ajang nostalgia bagi mahasiswa Banten yang berkuliah di 'Kota Kembang'. Di sana banyak mahasiswa asal Banten yang di antaranya tergabung dalam organisasi Kamayasa, Himata (Tangerang), KMC (Cilegon), Kumala (Lebak) dan Kumandang (Pandeglang).

“BNF (Banten Night Festival) 2016. Seketika saya rindu akan rumah, seketika itu juga saya ingin pulang berjumpa keluarga saya di kampung halaman. Lalu sejenak hati saya bertanya siapakah mereka buat lo?? Dan benar, mereka semua adalah sebagian dari keluarga saya di sini (Bandung). Jadi jangan pernah takut akan sendiri merantau ke Bandung untuk belajar. Kita semua keluarga, kita semua teman,” tulis Ibnu Atho Illah'fm mahasiswa asal Serang di Bandung dalam postingan foto di akun instagramnya, Minggu (6/11/2016) pagi.

Acara ‘Banten Night Festival’ didukung oleh kantor Penghubung Provinsi Banten. Acara yang bertema ‘Leweung Ruksak, Cai Beak, Manusa Balangsak’ ini juga dihadiri Sekda Banten Ranta Soeharta. [sef]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

'Banten Night Festival' Jadi Ajang Nostalgia Warga Banten di Kota Kembang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top