Jumat, 26 April 2019 |
News Room - Politik

Banten Masuk 5 Besar Daerah Rawan Pelanggaran Pemilu

Senin, 15 Apr 2019 | 14:02 WIB Dibaca: 152 Pengunjung

Pemaparan peta daerah rawan pelanggaran Pemilu oleh Bawaslu Banten, Sabtu (13/4/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dari 34 Provinsi di Indonesia, Provinsi Banten masuk ke dalam lima besar daerah yang rawan pelanggaran Pemilu. Pelanggaran meliputi gejolak sosial politik, penyelengara pemilu yang adil, kontestasi dan partisipasi pemilih.

“Dari pemetaan Bawaslu pusat bahwa kerawanan pemilu, Banten masuk ke lima besar. Yang pertama yaitu Provinsi Papua, Yogyakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat dan Banten,” kata Komisioner Bawaslu Banten, Samani di Kantor Bawaslu Banten, Jl. Kelapa dua, Kota Serang, Sabtu (13/4/2019).

Samani menjelaskan, ada empat indikator yang menyebabkan kerawanan pelanggaran, yaitu sosial politik, penyelengara Pemilu yang adil, kontestasi dan partisipasi pemilih.

“Indikator ini masing masing kabupaten kota berbeda beda, tapi rata-rata. Kabupaten Pandeglang yaitu 61,2 persen, Kabupaten Serang 55,3 persen, dan Kota Cilegon 55,5 persen. Tiga (daerah) ini yang paling rawan,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Samani, hal tersebut akan menjadi tantangan bagi Bawaslu Banten untuk bisa melakukan pengawasan maksimal terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 di Banten, sehingga bisa berjalan dengan aman dan tertib.

“Ini jadi sebuah tantangan untuk bisa menjawab dan kekhawatiran Pemilu ini agar tidak terjadi," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Banten Masuk 5 Besar Daerah Rawan Pelanggaran Pemilu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top