Jumat, 22 Maret 2019 |
News Room - Pemerintahan

Banten Dipilih Jadi Lokasi Latsitarda Nusantara

Selasa, 12 Sept 2017 | 17:09 WIB Dibaca: 843 Pengunjung

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Direktur Pendidikan Akademi TNI, Brigjen Djoko Andoko diwawancara setelah rapat di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (12/9/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Provinsi Banten dipilih menjadi tempat latihan Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara. Latsitarda merupakan salah satu kurikulum pendidikan until para taruna Akademi TNI.

Direktur Pendidikan Akademi TNI, Brigjen Djoko Andoko mengatakan, Latsitarda merupakan bagian dari kurikulum akhir di setiap akademi. Kegiatan ini juga melibatkan praja STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) dan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi.

"Jadi ini semacam KKM (kuliah kerja mahasiswa), hanya pelaksanaannya terintegrasi. Secara keseluruhan peserta Latsitarda tahun depan sebanyak 1.147 orang," kata Djoko Andoko setelah rapat bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan jajaran di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (12/9/2017).

Pertimbangan dipilihnya Banten menjadi lokasi Latsitarda, kata Andoko, karena Banten dinilai sebagai wilayah strategis untuk latihan TNI.

"Kalau kita lihat dari pantai selatan, pantainya strategis, baik dari segi pertahanan ataupun kemanan. Kemudian dari barat, berbatasanan dengan Lampung, ini juga strategis, kita semua strategis, Banten juga menjadi jalur mudah masuknya hal-hal yang kemungkinan bisa membahayakan NKRI," terangnya.

Andoko menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus mematangkan persiapan, berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk pemusatan pelatihan.

"Pemprov Banten yang akan menentukan, karena ada sasaran-sasaran tertentu, baik fisik dan non fisik. Fisik jelas untuk pembangunan, non fisik untuk pembelajaran taruna. Rencananya (lokasi) di Kabupaten Lebak, Kabupaten/ Kota Serang, Kota Cilegon dan Pandeglang," ujarnya.

Latsitarda tersebut akan diikuti oleh sekitar 1.147 peserta yang terdiri dari beberapa akademi, baik akademi polisi, akademi mikiter, IPDN ataupun masyarakat umum.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, kegiatan Lataitarda berdampak positif yaitu untuk memberikan bantuan pemberdayaan kepada masyarakat dan dari akademi mengabdikan dirinya kepada masyarakat sebelum lulus dari akademi masing-masing," kata Andika.

Menurutnya, Pemprov Banten akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/ kota untuk kesiapan pelaksanaan Latsitarda Nusantara.

"Tentu akan koordinasi dulu dengan kabupaten/ kota terkait kesiapannya. Peserta ini akan ditempatkan di desa-desa, untuk memberikan bantuan secara fisik atau non fisik atau administrasi di desa, kami akan menanyakan dulu ke kabupaten dan kota," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Banten Dipilih Jadi Lokasi Latsitarda Nusantara
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top