Selasa, 17 September 2019 |
News Room - Pemerintahan

Banten Dapat Penghargaan K3 Dari Kemenakertrans RI

Kamis, 20 Jul 2017 | 08:46 WIB Dibaca: 823 Pengunjung

Menakertrans M Hanif Dhakiri memberikan penghargaan K3 kepada Wakil Gubernur Banten dan beberapa kepala daerah lain pada Malam Anugerah K3 Tahun 2017 di ruang Birawa Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017).*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Provinsi Banten mendapat  penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI untuk bidang Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penghargaan diberikan pada Malam Anugerah K3 Tahun 2017 di ruang Birawa Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017).

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim untuk menerima penghargaan tersebut mengatakan, perusahaan-perusahaan di Banten secara nyata telah memilki kontribusi atas diraihnya penghargaan K3 tersebut.

Penghargaan ini, lanjut Andika, merupakan prestasi perusahaan yang telah sungguh-sungguh menjalankan aturan-aturan terkait keselamatan kerja para pekerjanya.

“Kami kan pemerintah daerah sifatnya melakukan pembinaan. Prestasi ini tidak akan terjadi jika tidak ada kesadaran dan kerjasama dari perusahaan,” kata Andika, usai menerima penghargaan tadi malam.

Andika menerima penghargaan tersebut bersama sejumlah kepala daerah dari provinsi lainnya. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi M Hanif Dhakiri.

Menurut Andika, penghargaan ini juga dapat memotivasi kepala daerah yang telah berhasil membina K3 sehingga perusahaan di wilayahnya bisa terus dibina untuk menerapkan program K3.

“Dengan ini kami mengharapkan perusahaan juga secara sungguh-sungguh memperhatikan K3, sehingga mampu meningkatkan aspek perlindungan pekerja, mutu kerja dan produktivitasnya,” ujar Andika.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi M Hanif Dhakiri mengingatkan pemerintah daerah dan industri agar mengutamakan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja.

“Salah satu indikator dalam pembangunan ketenagakerjaan adalah peningkatan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja,” ujar Dhakiri.

Adapun penganugerahan K3 Tahun 2017, yang diberikan meliputi kategori penghargaan nihil kecelakaan kerja, penghargaan SMK3, penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di tempat kerja, pembina K3 dan peduli P2 HIV-AIDS di tempat kerja.

Menaker pun mengungkapkan, data BPJS Ketenagakerjaan tahun 2016 mengungkapkan telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 105.182 kasus. Jumlah itu menurun 4,6 persen jika dibandingkan tahun 2015 yang terjadi sebanyak 110.285 kasus. [ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Banten Dapat Penghargaan K3 Dari Kemenakertrans RI
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top