Kamis, 29 Juni 2017 |
News Room- Peristiwa

Banjir Pandeglang Semakin Merambah ke 3 Kecamatan

Jumat, 10 Feb 2017 | 15:18 WIB
warga yang sedang menyurusi banjir.*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] – Bencana banjir yang menerjang Pandeglang, Banten semakin terus meluas. Sehari sebelumnya, hanya 8 kecamatan yang terendam. Sejak jumat (10/2/2017) pagi, banjir semakin meluas dan merambah ke 3 kecamatan lainnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Kabupaten Pandeglang, 11 kecamatan yang terendam banjir itu yakni Kecamatan Patia, Pagelaran, Sukaresmi, Panimbang, Munjul, Angsana, Cikeusik, Labuan, Picung, Sobang, dan Kecamatan Sindagresmi. 

Selain curah hujan yang tinggi, menurut Kepala BPBD Pandeglang, Dadi Supriyadi, faktor penyebab banjir disebabkan oleh luapan Sungai Ciliman dan kiriman dari Sungai Cimoyan, Lebak. Akibatnya, ribuan rumah dan ratusan hektar sawah ikut terendam. Wilayah yang paling parah terpapar banjir terletak di Desa Perdana Kecamatan Sukaresmi.

“Daerah yang rawan banjir, praktis sudah terdampak semua. Di Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi, ketinggian sudah mencapai 1.5 meter. Kalau di Cikeusik, sekitar 200 sawah padi siap panen terendam. Namun, kita berharap rendaman air tidak lebih dari 2 hari agar padi masih bisa dimanfaatkan,” ujar Dadi.

Kendati merendam ribuan rumah dan ratusan hektar sawah, Dadi menyatakan jika banjir kali ini tidak menyebabkan infrastruktur seperti jalan maupun jembatan mengalami kerusakan. Hanya saja dibeberapa titik, terjadi kemacetan lantaran jalan yang masih digenangi air.

“Sejak kemarin, kita mendahulukan evakuasi warga. Kita sudah salurkan logistik, makanan, selimut, dan obat-obatan,” sambung Dadi.

Genangan banjir masih akan terjadi bila curah hujan di Lebak masih tinggi. Sedangkan jika aliran Sungai Cimoyan mulai surut, dalam waktu semalam banjir yang menerjang 11 kecamatan di Pandeglang pun akan reda. Namun, BPBD mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

“Prediksi BMKG, curah hujan tinggi di Lebak dan Pandeglang masih berlangsung hingga akhir Februari. Oleh karenanya, BPBD akan memberlakukan status tanggap darurat bencana hingga bulan Maret,” pungkasnya. [red] 

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Banjir Pandeglang Semakin Merambah ke 3 Kecamatan VIA FACEBOOK
Banjir Pandeglang Semakin Merambah ke 3 Kecamatan VIA DISQUS
Top