Rabu, 23 Mei 2018 |
News Room - Peristiwa

Banjir Lebak, Akses Jalan Banten-Jabar Putus

Jumat, 10 Feb 2017 | 14:42 WIB Dibaca: 1530 Pengunjung

Banjir bandang di wilayah Lebak.*

LEBAK, [NEWSmedia] - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lebak, mengakibatkan banjir longsor. Terdapat 18 titik longsor. Tiga titik memutuskan jalur transportasi dari Kecamatan Cipanas-Lebak Gedong dan Warung Banten, Kecamatan Cibeber hingga batas Provinsi Jawa Barat.

Pelaksana teknis (peltek) Kantor UPT Balai Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kabupaten Lebak, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Kuncoro Adakiri membenarkan kalau ada jalan provinsi yang terputus akibat bencana di Kabupaten Lebak.

"Saat ini ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Cipanas dan Warung Banten, Kecamatan Cibeber terputus akibat tertimbun tanah longsor," Ujarnya. 

Menurut Kuncoro, jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Bayah ke Cikotok dan Cikotok batas Jawa Barat terputus akibat longsor yang menimbun badan jalan, sehingga jalur transportasi di ruas jalan itu lumpuh total.

Longsor di ruas Bayah-Cikotok hingga batas Jawa Barat tersebut terpantau sebanyak 18 titik, dan tiga titik yang menutup badan jalan, sehingga saat ini ruas tersebut kini tidak bisa dilalui oleh kendaran roda empat dan roda dua. Selain di ruas jalan Provinsi Cipanas - Warung Banten, ruas jalan Bayah-Cikotok hingga batas Jawa Barat juga terjadi longsor di delapan titik dan tiga titik menutup badan jalan .

”Kami sudah mengirimkan alat berat untuk menyingkirkan material tanah yang menimbun jalan, agar jalan itu dapat dilalui kembali oleh kendaran,” ujar Kuncoro. 

Sementara, bencana banjir yang merendam di 17 kecamatan, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi saat ini masih menggenangi 430 desa. Ketinggian air mulai dari 30 centimeter hingga satu meter dan menggenang di 71 titik banjir.

Data yang diperoleh BPBD Kabupaten Lebak, sebanyak 1.908 kepala keluarga menjadi korban banjir di wilayah tersebut. Sementara tiga sekolah antara lain SD Negeri 02 Cihujan, SD Negeri Lebak Gedong, dan SMP Negeri 1 Lewidamar. Bahkan sekolah SD Cihujan mengalami ambruk. [red]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Banjir Lebak, Akses Jalan Banten-Jabar Putus
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top