Kamis, 24 Mei 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Bangun Tidur Pinggang Nyeri, Awas Penyakit Ini

Sabtu, 03 Feb 2018 | 00:01 WIB Dibaca: 1182 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Saat bangun di pagi hari, kenali gejala yang dirasakan tubuh Anda. Mungkin ada sinyal tak biasa yang ditunjukkan oleh pinggang. Misalnya, sering merasa kram atau kaku. Karena bisa jadi itu pertanda bahaya arthritis menyerang.

Arthritis pada dasarnya ditandai dengan gejala nyeri-nyeri di sekitar persendian, dan rasa kram atau kaku di beberapa titik anggota tubuh.

Sebuah penelitian menemukan, bila seseorang mengalami pinggang kaku hampir setiap pagi, dapat mengindikasikan timbulnya rheumatoid arthritis. Keluhan ini paling banyak dialami oleh wanita.

Biasanya, mereka yang mengalami kaku di beberapa titik persendian, diakibatkan kurangnya aktivitas fisik, sehingga persendian dan otot jarang digerakkan secara signifikan.

Para peneliti mengatakan, gejala arthritis selain berupa pinggang kaku saat bangun di pagi hari, bisa juga setelah duduk di kursi, dan mengendarai mobil dalam waktu lama.

"Kekakuan itu dapat bervariasi dari sedikit kaku di bagian jari hingga mendekati imobilitas. Penderita bisa terbangun pagi-pagi dengan rasa sakit yang seolah terbakar," kata peneliti.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk mencegahnya yakni berolahraga setiap hari atau sekedar berjalan santai sambil menggerakan tubuh. Itu merupakan cara terbaik yang juga bisa dilakukan yakni melepaskan endorfin supaya melancarkan aliran darah. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bangun Tidur Pinggang Nyeri, Awas Penyakit Ini
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top