Jumat, 22 September 2017 |
News Gallery - Lifestyle

Bangun Tidur, Kepala Menjadi Pusing? Ini Penyebabnya

Sabtu, 16 Sept 2017 | 09:01 WIB Dibaca: 101 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bangun tidur, tubuh seharusnya terasa segar dan bugar. Tapi pernah nggak kamu malah merasa pusing saat baru bangun tidur? Duh, rasanya jelas nggak enak banget ya.

Pusing setelah bangun tidur itu bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Umumnya disebabkan oleh stres, konsumsi kafein, konsumsi alkohol, dan faktor cuaca. Dilansir dari boldsky.com, produksi endorfin dan enkefalin dalam tubuh menurun antara pukul 04.00 hingga 08.00. Sementara itu produksi adrenalin meningkat pada pagi hari. Karena adrenalin mempengaruhi tekanan darah dan pelebaran serta penyempitan pembuluh darah, kondisi tersebut juga bisa menjadi pemicu serangan migrain. 

Kalau selama ini sudah mencoba untuk mendapat cukup tidur dan tidak mengonsumsi kafein atau main gadget sebelum tidur, tapi setiap kali bangun tidur kepala masih pusing, waspadai kemungkinan penyebabnya yang lain. Seperti penyebab-penyebab yang satu ini.

Gula Darah Menurun
Saat gula darah menurun, kita bisa mengalami pusing atau sakit kepala. Tidur selama 8 jam tanpa asupan gula, pada umumnya akan membuat gula darah kita menurun. Penderita diabetes bisa mengalami sakit kepala saat malam hari atau ketika baru bangun tidur karena kondisi gula darah yang nggak stabil.

Posisi Tidur yang Salah
Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh gangguan muskuloskeletal, yaitu suatu kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang. Posisi tidur yang salah bisa jadi penyebabnya. Jadi pastikan kamu mendapat posisi tidur yang nyaman ya agar terhindar dari sakit kepala ini.

Gangguan Pernapasan
Salah satu kemungkinan penyebab sakit kepala setelah bangun tidur adalah sleep apnea. Ini adalah gangguan tidur yang mengganggu pernapasan seseorang saat tidur. Gangguan pernapasan yang dialami selama tidur bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari ketika bangun tidur. 

Mengerat Saat Tidur
Mengerat saat tidur atau gigi gemeletuk ketika tidur juga bisa jadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Gemeletuk gigi tersebut kemudian bisa menjalar ke kerangka dan mempengaruhi bahu, leher, dan kepala. 

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu
Coba perhatikan lagi jenis obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh. Karena bisa jadi obat-obatan yang kamu konsumsi itu memberi efek samping pusing atau sakit kepala ketika bangun tidur.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Zat Aditif
Kebanyakan mengonsumsi makanan instan, makanan cepat saji, dan jenis makanan serta minuman yang diberi tambahan zat aditif juga bisa memicu sakit kepala. Jadi, coba perbaiki pola makanmu bila ingin terhindar dari sakit kepala setelah bangun tidur.

Kalau pusing atau sakit kepala yang kamu rasakan begitu menyiksa dan tak kunjung hilang, segera periksakan ke dokter, ya ladies. Jangan sampai terlambat ditangani agar kondisimu tidak makin parah. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bangun Tidur, Kepala Menjadi Pusing? Ini Penyebabnya

BERITA TERKAIT

Top