Selasa, 11 Mei 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Bangun Hubungan yang Lekat dengan Anak

Kamis, 22 Des 2016 | 09:34 WIB Dibaca: 846 Pengunjung

foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kelekatan hubungan yang terbangun sejak kecil dengan anak bisa berpengaruh besar pada karakter anak saat dewasa. Psikolog Vierra Adella S.Psi Msi mengutip ahli psikologi John Bowlby memaparkan teorinya.

Berbicara dalam  workshop parenting dengan judul "Sensor Play untuk Tumbuh Kembang Anak" di Sekolah Kirana, psikolog yang akrab disapa Della ini mengatakan, ada empat hal yang dapat membangun kelekatan hubungan orangtua dengan anak. Hal tersebut dibagi dalam dua hal sebagai berikut:

Membangun lingkungan yang aman bagi anak

Membangun lingkungan yang aman salah satunya dengan membuat basis bermain yang aman untuk anak. Siapkan tempat bermain yang membuat mereka aman dan orang tua harus mendukung anak dalam mengeksplorasi beragam hal.

"Generasi Z ini umumnya bermasalah dengan eksplorasi," ujarnya.

Paparan gawai yang membuat mereka jadi "malas" mengeksplorasi banyak hal dari lingkungannya. Padahal ini hal yang sangat penting untuk pengetahuan anak.

Jangan melarang anak bermain, namun menurut Della orang tua harus mengawasi dan bermain bersama anak. Bantu anak jika mereka membutuhkan bantuan. "Dengan begitu biarkan anak merasakan apa yang sensorik mereka butuhkan," kata Della.

Menciptakan lingkungan yang aman bagi anak

Orang tua harus bisa menciptakan sebuah lingungan yang aman bagi anak. Dari sini anak akan tahu kemana mereka harus mencari bantuan yang dibutuhkanya. 

Buat anak-anak nyaman akan keberadaan orang tua mereka. Bantu mereka menyelesaikan permasalahan mereka menjadi tempat mencurahkan hati.

"Orang tua itu harus bisa jadi konselor buat anak-anaknya. Ada saat mereka membutuhkan," ujar Della. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bangun Hubungan yang Lekat dengan Anak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top