Kamis, 02 April 2020 |
News Gallery - Newstainment

Bangga Jadi Wanita Jawa, Dian Sastro Ternyata Suka Koleksi Perhiasan Kuno

Sabtu, 28 Jul 2018 | 11:00 WIB Dibaca: 455 Pengunjung

Dian sastro.*

[NEWSmedia] - Bagi wanita perhiasan merupakan benda yang cukup penting untuk menunjang penampilan mereka. Hal yang sama juga diakui oleh artis Dian Sastro. Pemilik nama lengkap Dian Paramita Sastrowardoyo ini mengaku suka mengoleksi beberapa perhiasan kuno.

Sebagai seorang wanita Jawa, Dian mengaku mengoleksi giwang. Dian menyatakan bahwa awal mulai ia mendapatkan perhiasan adalah pada saat duduk di bangku sekolah dasar. Perhiasan tersebut berupa sebuah gelang yang diberikan oleh sang tante. Sejak saat itu, ia memandang perhiasan sebagai salah satu harta yang berharga.

"Jadi aku pertama kali pakai perhiasan kelas 5 SD. Dapat gelang emas dari tante aku. Itu jadi harta berharga aku yang pertama. Gelang itu kecil," ungkap Dian. 

"Terus aku sendiri koleksi perhiasan pas aku mau nikah. Kan harus koleksi giwang. Kan orang Jawa,"lanjutnya.

Pemain film "Ada Apa Dengan Cinta?" ini membeberkan bahwa ia merupakan seseorang yang suka dengan perhiasan yang antik dan bernilai sejarah. Menurut Dian, ia merasa takjub ketika membayangkan bahwa perhiasan tersebut mungkin saja sudah dipakai oleh seseorang dari ratusan tahun yang lalu.

"Aku juga punya koleksi perhiasan Jawa antik dan punya nilai sejarah," sambung Dian. "Aku koleksi itu karena yang aku value enggak cuma desain tapi aku suka bayangin ini pernah dipakai sama orang di tahun 1800-an. Itu nilai sejarah dan enggak bisa didapatkan dengan beli perhiasan baru.".

Begitu menghargai warisan perhiasan, ibu dari dua orang anak ini mengatakan bahwa saat ia menikah, Dian memakai suweng Jawa warisan sang nenek. Meski awalnya merasa berat dan sakit, Dian akhirnya memodifikasi perhiasan tersebut dan merasa emosional saat bisa mengenakannya di momen penting dalam hidupnya.

"Terus aku juga pakai suweng Jawa warisan eyang aku pas nikah," lanjut Dian. "Awalnya berat dan sakit, tapi aku bawa ke tukang emas supaya dimodif. Ada muatan emosionalnya.".

Aktris yang sedang terlibat dalam film "Aruna dan Lidahnya" ini juga membagikan tips saat memilih berinvestasi perhiasan. Saat memilih berlian misalnya, menurut Dian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Koleksi perhiasan atau diamond berbeda," jelas Dian. "Kalau mau investasi, kita beli berlian butiran. Kita harus liat clarity, carat, dan warnanya. Itu harganya akan naik sesuai harga market.".

Dian juga mengungkapkan bahwa alasannya mengoleksi perhiasan antik adalah agar kelak bisa diwariskan kepada anak dan cucunya. "Desainnya harus timeless jadi bisa jadi koleksi keluarga yang bisa diturunin ke anak cucu. Kalau ditanya punya siapa, punya eyang Dian," pungkas Dian. [wk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bangga Jadi Wanita Jawa, Dian Sastro Ternyata Suka Koleksi Perhiasan Kuno

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top