Rabu, 13 November 2019 |
News Gallery - Newstainment

Banding Diterima, Hukuman Ahmad Dhani Dipotong Jadi 3 Bulan Penjara

Jumat, 08 Nov 2019 | 13:38 WIB Dibaca: 193 Pengunjung

Ahmad Dhani.*

[NEWSmedia] - Musisi Ahmad Dhani segera bebas. Pentolan Dewa 19 ini bisa keluar penjara lebih cepat menyusul vonis lebih ringan di Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur. Berdasarkan sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) PN Surabaya, hakim PT menyatakan Ahmad Dhani bersalah dan menjatuhkan hukuman 3 bulan penjara 6 bulan percobaan.

Vonis tersebut lebih rendah dari putusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya beberapa waktu lalu. Saat itu Majelis Hakim PN Surabaya memvonis terdakwa Ahmad Dhani dengan pidana dari 1 tahun penjara dengan 6 bulan percobaan.

Perkara dengan nomor 1272/PID.SUS/2019/PT SBY ini diputuskan tiga majelis hakim yang diketuai PH Hutabarat dan dua hakim anggota Agus Jumardo dan RR Suryowati. Putusan tersebut dikeluarkan pada Rabu 6 November 2019.

Dalam putusan tersebut, hakim menyatakan menerima permintaan banding dari Dhani Ahmad Prasetyo dan Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Surabaya, serta mengubah putusan PN Surabaya tanggal 11 Juni 2019 Nomor 275/Pid.Sus/2019/PN Sby.

Menanggapi putusan banding tersebut, Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian mengaku belum menerima petikan putusan hakim PT Jatim. Meski demikian, dia mengapresiasi putusan hakim yang menurunkan hukuman Ahmad Dhani dari satu tahun penjara menjadi 3 bulan penjara 6 bulan percobaan.

"Saya mengapresiasi putusan tersebut. Saya masih akan konsultasikan dulu dengan Dhani terkait dengan hal ini," katanya seperti dikutip iNews, Kamis (7/11/2019).

Sebelumnya, dalam surat dakwaan disebutkan, Ahmad Dhani memposting vlog yang memuat kata ‘idiot’. Video itu dianggap telah memenuhi unsur pidana sebagaimana tertuang dalam Pasal 45 Ayat (3) Jo Pasal 27 Ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Ahmad Dhani lantas dilaporkan Koalisi Bela NKRI ke Polda Jatim atas dugaan mengucapkan ujaran kebencian. Dugaan tersebut menyebut kelompok penolak deklarasi #2019 Ganti Presiden di Surabaya dengan kata-kata ‘Idiot’. Atas laporan kasus tersebut, Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Banding Diterima, Hukuman Ahmad Dhani Dipotong Jadi 3 Bulan Penjara
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top