Selasa, 04 Agustus 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Bahayanya Mencet Hidung Saat Menahan Bersin

Selasa, 08 Agt 2017 | 01:02 WIB Dibaca: 920 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Bersin bisa datang tiba-tiba. Umumnya diawali dengan rasa gatal di dalam hidung dan kemudian berlajut dengan bersin. Rasa lega didapatkan setelah itu. Dan, manfaat bersin salah satunya memang untuk mengusir kotoran di hidung – termasuk bibit penyakit – agar tidak masuk tubuh. Ini adalah respons alami.

Meski demikian ada beberapa hal menarik yang perlu Anda tahu terkait menahan bersin. Langkah ini ternyata tidak disarankan lho. Ini alasannya:

Sebisa mungkin jangan sampai menahan bersin.

Barangkali saat berada dalam posisi tidak tepat, seperti di kerumunan banyak orang, Anda memutuskan untuk menahan bersin. Caranya dengan memencet hidung beberapa kali. Dalam keadaan seperti ini memang dilema. Namun ada baiknya Anda tetap bersin dengan menutup area hidung memakai tangan atau sapu tangan. Menahan bersin bisa menimbulkan risiko kesehatan buat Anda.

Kemungkinan terjadi kerusakan gendang telinga.

Ini bisa terjadi pada saat bersin sambil menahan hidung dengan memencetnya. Mungkin usaha untuk membatalkan bersin gagal, sehingga masih tetap bersin meski hidung dipencet. Risiko hal tersebut adalah dapat merusak gendang telinga hingga membuat masalah pada pembuluh darah di mata. Bersin menimbulkan tekanan yang kuat. Jika hidung ditutup, maka tekanannya dapat bergeder ke tempat lain seperti kepala maupun sinus.

Tubuh bisa memulihkan efek menahan bersin.

Kerusakan area lain di tubuh akibat menahan bersin bisa sembuh secara alami. Namun tetap saja tidak disarankan untuk menahan keinginan untuk bersin.

Tutup hidung dan mulut saat bersin.

Terutama pada waktu sakit, sangat disarankan menutup mulut dan hidung agar tidak terjadi penularan kepada orang lain di sekitar. Sakit flu dan batuk mudah sekali penularannya lewat bersin. Lendir pilek bisa keluar dari hidung hingga jarak 9 meter ketika bersin. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bahayanya Mencet Hidung Saat Menahan Bersin
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top