Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Bahaya Konsumsi Belimbing Bagi Penderita Gagal Ginjal

Kamis, 05 Apr 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 380 Pengunjung

Belimbing.*

[NEWSmedia] - Belimbing adalah buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah belimbing disukai karena rasa asam manis yang menyegarkan.

Belimbing atau dikenal juga dengan nama star fruit, memiliki bentuk yang khas. Bila dipotong melintang, penampakannya seperti bintang. Buah belimbing merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Belimbing memiliki keistimewaan penuh dengan kandungan anti-oksidan dan flavonoid. Zat yang berperan dalam memerangi penuaan dini, perbaikan sel-sel rusak, dan mencegah kanker.

Namun, tahukah Anda mengonsumsi belimbing mendatangkan bahaya? Hal ini karena belimbing banyak mengandung asam oxalat. Zat ini menjadi racun mematikan bila dikonsumsi dalam konsentrasi tinggi.

Menanggapi hal tersebut pakar gizi klinis DR.dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK mengungkapkan bahwa belimbing memang cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal.

"Belimbing mengandung asam oksalat yang cukup berbahaya bagi penderita gagal ginjal," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa asam oksalat bisa berubah menjadi racun bagi penderita gagal ginjal.

"Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, asam oksalat akan menjadi racun karena tidak bisa dibuang oleh ginjal, jadi sebaiknya hindari."

Meski berbahaya bagi penderita gagal ginjal, namun belimbing memiliki manfaat baik bagi tubuh.

"Kandungan vitamin Cnya tinggi, jadi bisa mengatasi sariawan. Selain itu juga mengandung flavonoid, antioksidan yang menunda penuaan," jelasnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bahaya Konsumsi Belimbing Bagi Penderita Gagal Ginjal

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top