Rabu, 19 Februari 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Bahan Pewarna Makanan yang Paling Bahaya

Jumat, 31 Mar 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 732 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Di dunia industri makanan masal, penggunaan pewarna dan pengawet makanan adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Sebabnya penambahan zat tersebut akan semakin meningkatkan harga jual makanan serta menekan risiko rusaknya makanan.

Beberapa jenis pewarna makanan ada yang bersifat aman, ada pula yang bisa membahayakan kesehatan. Dilansir dari livestrong.com, berikut adalah beberapa daftar pewarna makanan berbahaya yang wajib untuk kamu ketahui.

Red 40

Untuk memberi warna makanan menjadi merah menyala, ada zat pewarna yang disebut dengan Red 40. FDA atau bahan pengawas makanan di Amerika sudah lama menyatakan bahwa Red 40 mampu membahayakan kesehatan.

"Red 40 berisi benzidene, zat karsinogen yang sudah terkenal. Anak-anak sangat disarankan untuk berjauhan dengan Red 40."

Blue 1

Blue 1 adalah pewarna makanan yang berfungsi untuk memberi warna biru. Namun zat ini sangatlah berbahaya sebab bisa luntur dan mengenai organ vital tubuh.

"Berbeda dengan zat pewarna biru pada makanan, Blue 1 bisa menyebabkan kerusakan sel-sel saraf, kerusakan kromosom, memancing reaksi alergi, hingga pencetus kanker."

Yellow 5

Yellow 5 atau yang juga dikenal dengan sebutan tartrazine ini bisa menyebabkan efek yang parah pada kesehatan tubuh, termasuk memancing alergi serta kerusakan sel.

"Yellow 5 bisa merampas kandungan seng dalam tubuh yang berkontribusi terhadap perubahan perilaku anak-anak."

Yellow 6

Selain Yellow 5, ada lagi pewarna kuning khusus untuk makanan yang dianggap membahayakan yaitu Yellow 6. FDA sendiri mencurigai Yellow 6 mampu menyebabkan kanker testis dan tumor adrenal. Sementara bagi anak-anak, Yellow 6 bisa menimbulkan reaksi alergi dan memperburuk asma.

"Tak hanya gangguan tersebut, anak-anak yang mengonsumsi makanan yang mengandung Yellow 6 mampu menjadi hiperaktif atau malah mudah gelisah. Sehingga sangat disarankan untuk menjauhkan anak-anak dari makanan yang mengandung pewarna Yellow 6."

Pewarna karamel

Pewarna karamel banyak digunakan untuk mewarnai minuman kola atau saus BBQ.

"Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan pewarna ini mampu memperbesar risiko untuk terkena kanker karena pewarna ini mengandung 2-methylimidazole dan 4-methylimdiazole."

Terkadang mengonsumsi makanan dengan zat pewarna buatan seperti contoh di atas memang sulit untuk dihindaroi. FDA sendiri menyarankan agar konsumsi zat di atas tak lebih dari 4 miligram setiap harinya. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Dampak Radiasi bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Rabu, 19 Feb 2020 | 10:39 WIB
Dampak Radiasi bagi Kesehatan Tubuh Manusia
5 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung
Rabu, 19 Feb 2020 | 06:39 WIB
5 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung
Pelembap Alami yang Bikin Tangan Lembut
Jumat, 07 Feb 2020 | 17:04 WIB
Pelembap Alami yang Bikin Tangan Lembut

KOMENTAR

Bahan Pewarna Makanan yang Paling Bahaya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top