Kamis, 20 September 2018 |
News Room - Politik

Awas! Tiga Satgas Ini Bakal Pantau Pelaksanaan Pilkada 2018 di Banten

Jumat, 19 Jan 2018 | 11:30 WIB Dibaca: 285 Pengunjung

Kapolda Banten, Brigjen Pol, Listiyo Sigit Prabowo setelah Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu di Le Dian Hotel, Kota Serang, Jumat (19/1/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Banten telah membentuk tiga satuan tugas (Satgas) yang akan mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 di Provinsi Banten.

Kapolda Banten, Brigjen Pol, Listiyo Sigit Prabowo mengatakan, tiga Satgas tersebut adalah Satgas Money Politic, Satgas Cyber dan Satgas Nusantara.

"Satgas Money Politic merupakan pengembangan dari upaya yang dilakukan kepolisian untuk menekan angka kecurangan yang dilakukan oleh bakal calon atau timnya," kata Sigit saat Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu di Le Dian Hotel, Kota Serang, Jumat (19/1/2018).

Ia menuturkan, untuk Satgas Cyber, terdiri dari beberapa personel gabungan antara Dirkrimsus, Intelejen dan Bidang Humas Polda Banten untuk mengawasi proses Pilkada dari dunia cyber atau internet.

"Satgas Cyber untuk mengantisipasi media sosial yang digunakan untuk kampanye, biasanya pelanggaran kampanye hitam atau menyerang calon lainnya, yang diperbolehkan hanya akun medsos yang sudah terdaftar di KPU," terangnya.

Ia menjelaskan, sementara untuk Satgas Nusantara, akan bergerak kalau ada isu-isu yang menyebabkan disintegrasi bangsa, seperti isu SARA dan yang lainnya.

"Kita ingin Pemilu ini betul betul terselenggara dengan baik, maka perlu ada Satgas, kita sudah mulai melakukan pelatihan-pelatihan, tapi untuk secara umum Satgas ini sudah ada," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, setiap pelanggan pemilu, diatur dalam Undang-undang nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Setiap pelanggan, ada mekanismenya, bisa kita terapkan dengan UU Pemilu ataupun UU pidana umum lainnya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Revitalisasi Banten Lama Baru Mencapai 30 Persen
Rabu, 19 Sept 2018 | 13:38 WIB
Revitalisasi Banten Lama Baru Mencapai 30 Persen
Tips Jitu Lolos CPNS 2018
Rabu, 19 Sept 2018 | 10:13 WIB
Tips Jitu Lolos CPNS 2018

KOMENTAR

Awas! Tiga Satgas Ini Bakal Pantau Pelaksanaan Pilkada 2018 di Banten

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top