Sabtu, 19 September 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Awas, Kanker Serviks Bisa Pengaruhi Fungsi Ginjal!

Jumat, 09 Mar 2018 | 00:03 WIB Dibaca: 758 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Salah satu masalah yang hanya bisa diderita perempuan adalah kanker serviks. Masalah ini semakin tinggi angkanya mengingat pola hidup perempuan modern sekarang semakin jauh dari kata sehat.

Penyebab paling tinggi dari masalah ini adalah gonta-ganti pasangan. Fakta ini tidak bisa ditutupi dan karena itu sangat dihimbau bagi setiap perempuan untuk menjaga tubuhnya secara bijak dan mau melakukan pemeriksaan rutin khusus pada bagian intimnya.

Nah, jika bicara kanker serviks, banyak dari Anda yang mungkin tidak tahu bahwa masalah kesehatan ini ternyata bisa menyerang fungsi ginjal juga. Jadi, tidak hanya bicara leher rahim.

Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr. dr. Suskhan Djusad, SpOG (K), kanker serviks seringkali mengakibatkan gangguan fungsi ginjal dan pada akhirnya masalah seperti penyakit ginjal kronik pun bisa terjadi.

Masalah ini pada dasarnya dapat dicegah karena lesi pre-kanker sampai ke kanker serviks membutuhkan waktu yang cukup lama antara 5 sampai 10 tahun. Dan komplikasi yang cukup banyak terjadi adalah masalah pada ginjal si pasien.

Kemudian, bagaimana masalah ini bisa menyerang ginjal?

Kanker serviks yang bisa menyebabkan komplikasi ini adalah kanker serviks stadium lanjut. Proses komplikasi tersebut salah satunya karena masalah pada ureter.

"Jadi, ketika perempuan mengidap kanker serviks, kemungkinan penekanan pada ureter bisa terjadi. Hal ini yang kemudian menyebabkan terhalangnya aliran urine untuk keluar dari ginjal," jelas dr. Suskhan.

Ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM ini melanjutkan, kondisi terhalangnya urine ini yang kemudian membuat urine menumpuk di ginjal atau yang biasa disebut dalam bahasa medisnya adalah Hidronefrosit. Kalau sudah begini, biasanya ginjal akan bengkak dan meregang. Alhasil, fungsi ginjalnya bermasalah.

Bicara lebih lanjut mengenai masalah ini, tentunya perlu penanganan lebih lanjut mengenai kanker serviks itu sendiri. Ya, kalau sudah mengalami komplikasi ke ginjal, maka pasien juga perlu melakukan pengobatan untuk ginjalnya.

"Untuk kanker serviks sendiri, sebetulnya bisa dicegah dengan vaksinasi HPV," saran dr. Suskhan. Tidak hanya itu, deteksi dini juga penting untuk dilakukan sebelum masalah ditemukan. Sebab, ketika DNA HPV sudah ditemukan di tubuh perempuan, pengobatan sedini mungkin akan membantu menyelamatkan nyawa pasien. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Awas, Kanker Serviks Bisa Pengaruhi Fungsi Ginjal!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top