Kamis, 13 Mei 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Awas Bahaya Mengintai di Balik Sariawan

Rabu, 20 Sept 2017 | 00:05 WIB Dibaca: 783 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Seringkali kondisi mulut dan gigi dianggap sepele, termasuk sariawan. Padahal, peran kesehatan gigi sangat berpengaruh pada beberapa penyakit berbahaya, salah satunya kanker.

Sariawan menjadi hal yang umum dirasakan oleh hampir sebagian besar masyarakat. Bentuknya yang kecil, sering dibiarkan dan tidak dianggap penting. Padahal, sariawan bisa menjadi tanda penyakit berbahaya.

"Ada gejala penyakit lain yang terlihat di kondisi mulut. Seperti timbulnya sariawan, biasanya dianggap sepele, tapi itu bisa jadi tanda kanker mulut," ujar Sekjen PB PDGI, drg. Diono Susilo,MPH.

Menurut Diono, kanker mulut seharusnya dapat dideteksi melalui sariawan tersebut. Namun, karena seringnya terabaikan, gejala tersebut tidak dapat dideteksi.

Tidak hanya kanker mulut, menurut Diono, gejala penyakit berbahaya lainnya dapat dilihat dari kondisi mulut. Gejala penyakit mematikan, HIV, dapat dilihat dari kondisi mulut.

"Kondisi sariawan juga kadang menjadi tanda HIV. Makanya, penting untuk melihat kondisi sariawan atau saat lidah terasa mulai pahit terus menerus, itu perlu diwaspadai," paparnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Awas Bahaya Mengintai di Balik Sariawan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top