Selasa, 18 Juni 2019 |
Ekonomi

Atur THR Sebelum Membeli Baju Baru untuk Lebaran

Jumat, 31 Mei 2019 | 23:42 WIB Dibaca: 169 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedai] - Cairnya Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan salah satu momen yang paling ditunggu dan menggembirakan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Paslanya, bagi sebagian orang, THR bukan hanya sekadar hak dan rezeki, tetapi juga seperti bonus setelah kamu bekerja dengan giat selama Ramadan ini. 

Biasanya, THR akan digunakan untuk berbagai keperluan Hari Raya. Namun, kadang THR lewat begitu saja tanpa digunakan dengan bijaksana. 

Alhasil, THR habis untuk membeli barang baru termasuk baju Lebaran. Padahal, masih ada banyak keperluan lain yang harus kamu pikirkan juga. Lantas, bagaimana cara mengatur THR Lebaran?

Tabung

Ketika kamu menerima THR, sisihkan 10-20% untuk ditabung. Jangan diambil meskipun kamu sangat ingin membeli baju baru yang super mahal dan langka. 

Lebaran

Yang namanya THR, tentu saja sebaiknya kamu gunakan untuk keperluan Hari Raya. Mulai dari membeli baju baru (dengan bijaksana dan tidak boros), memberikan THR kepada saudara dan tetangga, atau juga keperluan untuk mudik. 

Bayar Utang

Bersyukur dengan cara menggunakan uang yang kamu dapat dengan bijaksana itu wajib. Namun, ingat juga apakah kamu memiliki utang yang belum lunas. 

Setelah menghitung biaya untuk Lebaran dan tabungan, bayar utangmu. Kalau bisa, lunasi semuanya. Atau jika masih berat, cicil saja sehingga bulan depan kamu tidak begitu kerepotan. 

Investasi

Anak-naka milenials katanya sudah tidak lagi bersifat sangat konsumtif dibandingkan dengan Generasi X. Namun, meskipun kamu memiliki tabungan, penting juga untuk melakukan investasi. 

Jangan takut karena belum memiliki uang banyak. Karena, kini investasi bisa dengan modal minil Rp100 ribu dengan reksandana. Atau, kamu juga bisa membeli saham, perhiasan emas, dan emas batangan. Jadi, jangan langsung menghabiskan THR Lebaran, ya! Gunakan uangmu dengan cermat dan bijaksana. [fml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Atur THR Sebelum Membeli Baju Baru untuk Lebaran

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top