Jumat, 22 September 2017 |
News Room - Politik - Pemerintahan - Pilkada Kota Serang 2018

ASN Berpolitik Praktis, Sulhi: Kalau Masih Bakal Calon, Masih Bisa

Senin, 07 Agt 2017 | 17:27 WIB Dibaca: 253 Pengunjung

Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir usai Sosialisasi Tahapan dan Regulasi Pilkada Kota Serang di Kebon Kubil, Kota Serang, Senin (7/8/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat di pemerintahan daerah, diperbolehkan untuk mengikuti pencalonan dan proses tahapan Pilkada Kota Serang 2018 tanpa harus melepas statusnya sebagai pegawai negeri.

Menurut Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir selama ASN tersebut belum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), orang tersebut berhak untuk mencalonkan diri, karena pemerintah mempunyai aturan tersendiri yang mengatur tentang hal tersebut.

"ASN ada aturan tersendiri, kalau nyalon harus lepas dari jabatannya, itu kalau sudah mulai pendaftaran, kalau masih bakal calon, masih bisa," kata Sulhi, usai Sosialisasi Tahapan dan Regulasi Pilkada Kota Serang di Kebon Kubil, Kota Serang, Senin (7/8/2017).

Sulhi menjelaskan, pihaknya akan mempertimbangkan beberapa faktor untuk memberikan atau tidak memberikan rekomendasi kepada ASN yang ikut maju di pilkada Kota Serang.

Baca juga: Bawaslu Banten Minta Kepala Daerah Tindak Tegas ASN yang Daftar di Pilkada

"Kalo rekomendasi itu kewenanganya Pak Wali (Tb Haerul Jaman) kalo ASN nyalon ya hak dia (ASN) juga, kalo diizinkan harus berhenti dari ASN," jelasnya.

Ia juga menegaskan, bagi ASN yang ikut berpartisipasi dalam proses tahapan Pilkada Kota Serang 2018 harus siap dengan konsekuensinya.

"Kalau sudah mulai nyalon (daftar ke KPU), berarti sudah harus lepas dari ASN," pungkasnya.

Seperti diketahui, ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Serang yang mencalonkan diri pada Pilkada 2018 yaitu Syafrudin yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Serang. [Ahi]

Penulis: Ahi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

ASN Berpolitik Praktis, Sulhi: Kalau Masih Bakal Calon, Masih Bisa
Top