Selasa, 02 Juni 2020 |
News Gallery

Asal Mula Mudik Lebaran yang Jadi Tradisi Setiap Tahunnya di Indonesia

Senin, 11 Jun 2018 | 21:02 WIB Dibaca: 372 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Terhitung sejak hari ini cuti bersama lebaran dimulai. Itu artinya, sudah banyak masyarakat yang memutuskan untuk mudik dan pulang ke kampung halaman atau mengunjungi saudara di luar kota. Kalau kamu sendiri, sudah mudik atau masih bekerja nih?

Mengenai mudik, ini merupakan aktivitas yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan melakukan mudik, diharapkan setiap orang bisa berkunjung ke kampung halaman, menyambangi saudara, bersilaturakhim ke tempat sanak saudara dan menghabiskan libur panjang lebaran untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Tak hanya menjadi tradisi di Indonesia, rupanya mudik juga dialami oleh masyarakat di negara Asia lain seperti Malaysia, Bangladesh, India dan masih banyak lagi. Tradisi mudik diperkirakan telah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Menurut beberapa budayawan dan beberapa ahli, mudik adalah tradisi yang berasal dari para petani Jawa.

Dikisahkan, pada zaman kerajaan Majapahit orang-orang akan pulang ke kampung halamannya untuk membersihkan makam leluhur sekaligus meminta rezeki dan keselamatan dari para leluhur. Kepulangan orang-orang ini juga lah yang akhirnya membuat mereka terbiasa mudik di Hari Raya.

Untuk kata mudik sendiri dalam bahasa Jawa diartikan sebagai mulik didik atau pulang sebentar. Tapi beberapa pendapat juga mengungkapkan bahwa mudik berasal dari kata Betawi yang artinya menuju udik atau menuju kampung. Istilah mudik mulai berkembang pada tahun 1970an. Orang-orang yang melakukan mudik umumnya adalah orang-orang yang bekerja di kota atau di suatu daerah dan akan kembali pulang ke kampung halamannya saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Ketika mudik, orang-orang akan menggunakan berbagai macam alat transportasi mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat. Karena mudik dilakukan oleh sebagian besar masyarakat yang memang mayoritas beragama muslim, tidak heran jika harga tiket kendaraan transportasi naik berkali-kali lipat dari harga biasanya.

Buat kamu yang juga mudik tahun ini, pastikan untuk selalu menjaga keselamatan selama perjalanan. Miliki istirahat cukup selama perjalanan, pastikan kondisi tubuh fit dan siapkan segala kebutuhan selama perjalanan. Selamat mudik, Marhaban ya Ramadan. Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri. [vml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Asal Mula Mudik Lebaran yang Jadi Tradisi Setiap Tahunnya di Indonesia

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top