Kamis, 25 April 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Asal Bukan Susu Kental Manis, Ini Manfaat Susu untuk Pertumbuhan

Minggu, 08 Jul 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 474 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kabar susu kental manis kembali mencuat. Pemerintah sepakat menghapus susu kental manis dari kategori susu bernutrisi.

Sikap ini ditunjukan agar masyarakat semakin paham bahwa susu kental manis bereda dengan susu formula atau susu pertumbuhan lainnya. Susu kental manis mengandung kadar gula yang tinggi dan ini cukup mengkhawatirkan ketika dikonsumsi secara langsung dan dalam waktu yang lama.

Makanya, Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk tidak mengonsumsi susu kental manis dengan melarutkannya dengan air panas dan langsung diminum. Susu jenis ini lebih baik dijadikan sebagai campuran makanan lain seperti dessert. Meski begitu, konsumsi susu sapi atau susu formula lainnya tetap direkomendasikan.

Bahkan, mengonsumsi susu sapi memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan anak, berikut manfaat meminum susu.

1. Susu kaya kalsium

Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang bisa dikonsumsi. Kalsium ini yang kemudian mampu menjaga tulang anak tetap sehat dan kuat, bahkan terjadinya pengeroposan tulang. Lalu, kalsium ini juga membantu mencegah sakit kepala dan serangan migrain yang dialami anak-anak.

Selanjutnya, kalisum juga mampu mencegah anak terkena obesitas. Sebab, adanya kalsium ini akan membantu anak melawan timbunan lemak. Kalsium juga sangat penting untuk kesehatan gigi anak.

Jumlah kalsium harian yang direkomendasikan membantu pembekuan darah dan sinyal saraf anak. Lebih lanjut, kalsium membantu melepaskan hormon buruk dari tubuh anak. Lalu, kalsium juga akan membantu meremas dan merilekskan otot anak dengan baik. Ketika anak Anda menderita kekurangan kalsium, dia berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang ketika terluka.

2. Susu memiliki vitamin D yang kaya manfaat

Susu mengandung jumlah Vitamin D yang cukup untuk tubuh. Ini membantu anak untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan juga akan mengurangi kemungkinan tulang rapuh, terutama di massa pertumbuhannya. Vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

3. Gigi sehat

Susu kaya akan kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk kesehatan gigi anak Anda. Kalsium dan fosfor membantu menjaga kesehatan gigi anak. Salah satu protein terpenting yang ditemukan dalam susu adalah kasein. Ini membantu membentuk lapisan tipis pada permukaan enamel gigi anak dan membantu mencegah hilangnya kalsium dan fosfat. Dan ini sangat membantu ketika gigi anak Anda mungkin terkena asam yang ada di mulut.

4. Baik untuk tekanan darah

Minum susu dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah anak. Menurut penelitian, anak-anak harus mengonsumsi setidaknya tiga porsi susu setiap hari bersama dengan diet yang sehat dan seimbang. Mengonsumsi susu bersama dengan diet rendah garam menjaga tingkat tekanan darah anak. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Asal Bukan Susu Kental Manis, Ini Manfaat Susu untuk Pertumbuhan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top