Jumat, 20 Juli 2018 |
Newstainment

Ari Lasso Ingin Berhenti Bernyanyi

Kamis, 05 Jan 2017 | 11:02 WIB Dibaca: 534 Pengunjung

ari lasso.*

YOGYAKARTA, [NEWSmedia] - Ari Lasso, mengaku pernah ngambek bikin lagu selama 1,5 tahun. Ketiadaan perlindungan terhadap karya yang dibuatnya menjadi alasan ketika itu.

Seiring dengan perkembangan musik dalam bentuk digital, mantan vokalis Dewa 19 ini menejelaskan, membuat bentuk pembajakan berkembang, dari pembajakan fisik kaset dan CD menjadi illegal downloading. 

"Tapi ternyata semangat berkarya tidak bisa dihambat oleh apapun, termasuk ketiadaan perlindungan, akhirnya bikin juga untuk kepuasan dan kesenangan," kata Ari Lasso di Yogyakarta, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Ia berpendapat, banyak orang tidak menyadari bahawa mengunduh lagu atau musik dari situs tidak resmi termasuk dalam pembajakan. 

Ari Lasso juga berpendapat zaman dulu, sebuah lagu menjadi populer terlebih dahulu baru lah pembajak mengerahkan sumber dayanya. Namun, saat ini ia tidak mengetahui secara pasti apakah illegal downloading menambah popularitas lagu atau karya itu sudah lebih dulu populer.

"Seperti ayam dan telur saja, mana yang duluan," ucapnya.

Sekitar lima tahun lalu, Ari Lasso juga mengaku sempat gagap dengan perubahan yang terjadi akibat revolusi di industri musik. Dia juga tidak malu belajar dari musikus muda yang lebih bisa mengikuti zaman tanpa meninggalkan idealisme mereka. 

Ia pernah mencoba tampil di acara musik televisi yang tayang setiap pagi, akan tetapi justru merasa kesulitan karena tidak terbiasa lipsync. "Sejak kecil saya terbiasa dengan musik akustik, menirukan gerak bibir saya sendiri tanpa menyanyi itu susah sekali," Ari Lasso mengakhiri. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ari Lasso Ingin Berhenti Bernyanyi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top